MENGENAL APA ITU LISPLANG, JENIS, DAN MANFAATNYA DALAM KONSTRUKSI

Saat merancang rumah, tentu desain eksterior menjadi perhatian utama yang dituju dan dikenal memegang peranan yang sangat penting. Salah satu cara untuk meningkatkan penampilan luar rumah adalah dengan menggunakan lisplang. Meskipun banyak yang kurang familiar dengan istilah lisplang, namun lisplang sendiri memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan estetika bangunan.

 

Apa itu Lisplang?

Istilah 'lisplang' berasal dari bahasa latin yakni ‘coronis’ yang berarti 'exterior cornice' dan dalam bahasa latin memiliki arti mahkota. Meskipun memiliki arti yang berbeda, lisplang sering diidentifikasi sebagai struktur horizontal pada garis atap bangunan. Fungsi utamanya adalah untuk memperindah bangunan dan menyembunyikan rangka atap. 

 

Lisplang memiliki bentuk yang mirip dengan sebatang papan dan biasanya dipasang di tepi atap. Lisplang umumnya digunakan pada rumah dengan atap segitiga, terutama di daerah tropis yang sering hujan, untuk melindungi rangka atap dari air hujan.

 

Mengapa Lisplang Penting?

Lisplang bukan hanya elemen dekoratif. Pemasangan lisplang membantu melindungi rangka atap, menjadikannya lebih tahan lama. Meskipun tidak semua bangunan wajib menggunakan lisplang, tanpanya bisa menyebabkan dampak buruk, seperti pelapukan lebih cepat pada rangka atap.

 

Jenis Lisplang

Lisplang hadir dalam berbagai jenis, masing-masing memiliki keunikan dan kelebihan. Berikut adalah beberapa jenis lisplang yang umum di pasaran:

 

Lisplang Beton

Lisplang beton menjadi pilihan yang tepat untuk rumah dengan desain modern atau atap datar. Pemasangannya lebih ekonomis daripada lisplang kayu, dan daya tahannya terhadap cuaca dan panas menjadikannya opsi yang tahan lama. Tampilan mewahnya cocok untuk rumah bergaya klasik, sementara kesan bersihnya melengkapi desain rumah modern atau minimalis.

 

Lisplang Kayu

Lisplang kayu hadir dengan kekhasan tradisionalnya, merupakan pilihan yang umum pada bangunan konvensional. Tersedia dalam variasi kayu polos, modern, dan bermotif, lisplang kayu memberikan sentuhan klasik pada rumah. Namun, perlu diperhatikan bahwa lisplang kayu rentan terhadap cuaca dan cenderung mengalami pembusukan lebih cepat.

 

Lisplang Metal

Sebagai alternatif ekonomis pengganti lisplang kayu, lisplang metal menawarkan kelebihan dalam ringan, kekuatan, serta kemudahan pemasangan dan perawatan. Ideal untuk rumah bergaya modern dan minimalis, lisplang metal memberikan tampilan bersih dan kontemporer pada atap bangunan.

 

Lisplang GRC (Glassfiber Reinforced Concrete):

Lisplang GRC memiliki tampilan modern dan elegan. Ringan, tahan air, dan tahan api, lisplang ini menawarkan solusi ekonomis. Meskipun variasi desainnya lebih terbatas dibandingkan jenis lain, lisplang GRC tetap menjadi pilihan yang populer untuk tampilan yang menawan.

 

Lisplang PVC (Polyvinyl Chloride):

Lisplang PVC menarik perhatian dengan variasi desain dan warnanya yang beragam. Kehandalan dan kelenturannya membuatnya mudah disesuaikan dengan model bangunan. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa lisplang PVC kurang tahan terhadap api dan beberapa orang mengkhawatirkan potensi bahaya plastik yang terkandung di dalamnya.

 

Fungsi dan Manfaat Lisplang

Lisplang memiliki peran yang signifikan dalam konstruksi bangunan, memberikan manfaat baik secara fungsional maupun estetika. Untuk memberikan gambaran lebih jelas dan memastikan keputusan yang tepat dalam pemasangannya, berikut rangkuman mengenai fungsi dan manfaat lisplang:

 

Meningkatkan Nilai Estetika

Lisplang menjadi elemen dekoratif yang dapat memberikan sentuhan estetika pada tampilan bangunan. Fungsinya tidak terbatas hanya sebagai pelengkap struktur atap, tetapi juga sebagai aksesori yang dapat mempercantik eksterior. Pemilihan jenis, warna, dan desain lisplang dapat disesuaikan dengan gaya arsitektur bangunan, mulai dari yang modern, klasik, minimalis, hingga tradisional.

 

Menjaga Kekuatan Rangka Atap

Terlepas dari keindahan visualnya, lisplang juga berperan dalam menjaga kekokohan rangka atap. Khususnya pada rangka dengan penggunaan kaso kayu, risiko pergeseran struktur dapat diminimalkan dengan pemasangan lisplang yang tepat. Lisplang berfungsi sebagai perlindungan ekstra untuk memastikan integritas dan stabilitas rangka atap seiring berjalannya waktu.

 

Perlindungan dari Kondisi Cuaca Ekstrem

Pemasangan lisplang memiliki peran krusial dalam melindungi bangunan dari dampak buruk cuaca. Air hujan, salah satu musuh utama konstruksi, dapat menyebabkan kerusakan dan pelapukan pada rangka kayu jika tidak diantisipasi. Lisplang bertindak sebagai penghalang, mengalihkan air hujan jauh dari rangka atap, sehingga mengurangi risiko kerusakan akibat kelembaban.

 

Baca juga: Mengenal Konstruksi Baja Ringan Cremona dan Cara Menghitung Kebutuhannya

 

Cara Memasang Lisplang Beton

Penting untuk melakukan pemasangan lisplang beton dengan cermat agar hasilnya memuaskan. Berikut adalah langkah-langkah pemasangan lisplang beton:

 

Pasang Sebelum Genteng

Untuk mempermudah proses pemasangan, pasang lisplang sebelum memasang genteng. Hal ini dapat meminimalkan risiko perlu membongkar untuk memasang lisplang setelah genteng terpasang.

 

Proses Pemotongan Lisplang

proses pemotongan lisplang

Sumber: youtube.com/@jkkontraktorchannel1797

 

  1. Ukur lebar lisplang, contohnya, dengan lebar 40 cm dan model minimalis dengan 4 tingkat.

  2. Tentukan bagian yang akan dipotong. Potong bagian bawah sebesar 10 cm, tingkat di atasnya potong 7,5 cm, tingkat di atasnya lagi potong 5 cm, dan bagian paling atas yang terkecil potong 2,5 cm.

  3. Gunakan gerinda untuk pemotongan di antara sudut lisplang sesuai dengan pengukuran.

 

Pembentukan Lisplang

  1. Rapikan bagian belakang dan samping lisplang untuk memastikan pertemuan sudut lisplang dan selang lebih presisi.

  2. Ukur dan lubangi lisplang sesuai dengan jarak pada besi yang berfungsi sebagai gantungan.

  3. Pasang lisplang pada bagian atas atap yang disesuaikan dengan tingkat dan kemiringannya.

 

Pengecekan Ketegakan dan Kedataran

pengecekan ketegakan dan kedataran

Sumber: youtube.com/@jkkontraktorchannel1797

 

  1. Gunakan selang untuk memastikan ketegakan lisplang.

  2. Pengecekan antara kanan dan kiri dilakukan untuk mengukur ketegakan lisplang.

 

Pengelotan dan Penutupan

  1. Pada bagian dalam lisplang, pasang tali untuk memastikan pemasangan yang presisi.

  2. Sambungkan lisplang dan pastikan jarak pada bagian sambungan tengah berkisar 1,5 - 2 cm.

  3. Tutupi lubang pada bagian bawah dengan papan untuk mencegah kebocoran saat pengecoran.

 

Proses Pengecoran

proses pengecoran lisplang

Sumber: youtube.com/@jkkontraktorchannel1797

 

  1. Gunakan material pengecoran berupa pasir halus dengan perbandingan 3:1.

  2. Isi seluruh sisi lisplang dengan material coran.

  3. Ondrong bagian atas dengan kayu agar hasil lebih rapi.

 

Penyempurnaan dan Penyelesaian

proses pengecatan lisplang

Sumber: youtube.com/@jkkontraktorchannel1797

 

  1. Potong besi yang masih tersisa sebagai penyetelan.

  2. Merapikan sudut antar pertemuan lisplang dengan material pengecoran.

  3. Plaster dan aci bagian belakang lisplang agar tampilan menjadi lebih rapi.

  4. Selesaikan proses dengan pengecatan cat dasar atau penerapan sealer.

 

Jangan sampai salah untuk pemasangan lisplang nya, jadi harus rata sama reng, jangan sampai rata sama gording, karena kalau sama dengan gording nanti untuk pertemuan antara genteng dan lisplang ini akan berlubang atau bolong tetapi kalau rata dengan reng akan akan rapat.

 

Cara Memasang Lisplang Kayu

Sebelum memasang lisplang kayu, pastikan lisplang terpasang secara rata dengan reng, hindari kesalahan menyamakan level dengan gording, yang dapat menyebabkan keretakan atau lubang pada pertemuan genteng dan lisplang. Pemasangan lisplang kayu memerlukan ketelitian agar menghasilkan pekerjaan yang terorganisir dan berkualitas. Berikut langkah-langkah pemasangan lisplang kayu:

 

Pasang Sebelum Genteng

Pasang lisplang sebelum genteng untuk mempermudah pengerjaan dan mengurangi risiko genteng tidak rata.

 

Penyusunan Reng dan Lisplang

  1. Tarik benang dari ujung rangka depan hingga ujung rangka atas.

  2. Potong sisa reng dan sesuaikan panjangnya agar lisplang benar-benar rata.

 

Pemasangan dengan Skrup Baja Ringan

  1. Gunakan skrup baja ringan untuk pemasangan.

  2. Ratakan lisplang dengan reng, hindari menyamakan level dengan kaso agar rapat dan mencegah potensi kebocoran.

 

Penyusunan Gording ke Bagian Dalam

Atur gording menghadap ke bagian dalam untuk kemudahan pemasangan genteng.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, pemasangan lisplang beton atau kayu dapat dilakukan dengan lebih efisien dan menghasilkan konstruksi bangunan yang kokoh serta estetis.
 

Baca juga: Jenis Struktur Rangka Atap Serta Fungsinya

 

Kesimpulan

Demikian artikel yang membahas mengenai lisplang. Perlu untuk diingat bahwa lisplang bukan hanya elemen dekoratif, tetapi juga memiliki peran penting dalam melindungi dan meningkatkan estetika bangunan. Pemilihan jenis lisplang yang tepat dan pemasangan yang cermat dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap kekokohan dan penampilan visual rumah.

 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Pilih lisplang yang sesuai dengan model yang kamu inginkan dan budget yang kamu miliki. Bagi kamu yang membutuhkan rangka atap untuk diaplikasikan dengan lisplang, jangan lupa mempercayai produk framing rangka atap (framing) dari BLKP yang sudah terbukti kualitasnya seperti truss dan reng. Hubungi Tim BLKP untuk informasi selengkapnya.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..