desain mihrab masjid.jpg

FUNGSI DAN 7 DESAIN MIHRAB MASJID DI DUNIA YANG MENAWAN

 

Tidak hanya menjadi tempat yang digunakan untuk beribadah salat, esensial masjid sebagai salah satu peradaban umat muslim di dunia perlu dipahami dan dipelajari secara mendalam. 

 

Termasuk ke dalam arsitektur islam, setiap komponen ataupun ornamen masjid memiliki makna yang mendalam. Arsitektur masjid dibentuk berdasarkan tradisi suatu daerah pada waktu dan tempat pembangunannya. 

 

 

Baca Juga: Ini Dia Keistimewaan dari Arsitektur Menara Masjid 

 

 

Itu mengapa, desain masjid, tata letak, hingga ornamen Masjid di berbagai daerah bahkan dunia sangat bervariasi. Meski demikian, ada beberapa elemen yang selalu hadir menjadi bagian dari arsitektur masjid. Salah satunya adalah mihrab.

 

Berikut definisi, fungsi, serta desain mihrab masjid yang menjadi perhatian dunia!


 

Apa Itu Mihrab Masjid?

 

Mihrab merupakan elemen penting dalam arsitektur masjid. Mihrab adalah sebuah ceruk setengah lingkaran terletak pada dinding kiblat yang mengarah pada Ka’bah Mekkah dan menjadi tempat di mana seorang imam memimpin salat secara berjamaah.

 

Secara etimologi, mihrab diartikan sebagai gedung tinggi atau juga pagar. Beberapa ulama mendefinisikan makna mihrab dengan mengambil kata Al-Harb yaitu sebagai tempat untuk melawan hawa nafsu setan.

 

Mihrab juga dapat dimaknai sebagai elemen masjid untuk mengingatkan manusia agar selalu berada dalam kebenaran dan tidak terlena dengan  kesibukan dunia.


 

Fungsi Mihrab Masjid

 

Terlepas dari bentuk dan ukuran Masjid, mihrab dibangun dengan cukup luas untuk kenyamanan seorang imam memimpin salat. 

 

Itu mengapa desain mihrab selalu memiliki dimensi yang dapat menyesuaikan antropometri pada umumnya di suatu wilayah. Biasanya mihrab juga disandingkan dengan mimbar yaitu sebuah panggung yang digunakan imam dalam menyampaikan khutbah. 

 

Terlepas dari itu, di beberapa negara memaknai fungsi mihrab tidak terbatas sebagai tempat seorang imam tetapi lebih sebagai indikator arah kiblat.

 

Di wilayah manapun masjid berada, mihrab masjid mengarah ke arah Ka’bah di kota Mekkah, yang juga menjadi tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW.


 

Desain Mihrab Masjid Terindah di Dunia

 

Berdasarkan bukti arkeologis, Mihrab pada awalnya muncul pada masa Dinasti Bani Umayyah berupa ceruk cekung setengah lingkarang hingga kemudian desainnya mengalami perkembangan hingga saat ini.

 

Berikut desain mihrab masjid terindah di berbagai belahan dunia.


 

Mihrab Nuansa Biru di Masjid Sahib-i Ata (Esrefoglu Mosque) - Konya, Turki

 

desain mihrab masjid

 

pinhome.id

 

 

Mihrab Vertikal di Masjid Sheikh Zayed Grand - Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

 

desain mihrab masjid

 

mosqpedia.org


 

Masjid Hagia Sophia - Istanbul, Turki

 

desain mihrab masjid

 

culturaltravelguide.com


 

Masjid Al-Nasir Muhammad - Kairo, Mesir

 

desain mihrab masjid

 

pinhome.id


 

 

Kesimpulan

 

Bagaimana pembahasan mengenai mihrab masjid di atas, menarik bukan?

 

Menjadi bagian dari seni arsitektur islam, desain mihrab masjid memiliki makna yang mendalam sekaligus melengkapi esensial dan estetika masjid.

 

Perlu diketahui bahwa proses pembangunan masjid juga selalu memperhatikan material konstruksi agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

BLKP menyediakan material baja ringan yang berkualitas tinggi dengan standar SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta tersertifikasi TKDN 22 - 34981.

 

Tertarik dengan produk dan layanan kami? Silahkan Hubungi Kami.

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..