SEKILAS MIRIP! SIMAK 5 PERBEDAAN GAZEBO DAN PERGOLA YANG PERLU ANDA KETAHUI

Kebanyakan orang biasanya mengenal istilah tempat teduh pada suatu hunian dengan sebutan gazebo. Ternyata tidak semua tempat teduh adalah gazebo. Ada juga elemen peneduh lain yang dikenal dengan sebutan pergola. 

 

Walau memiliki fungsi yang sama, ternyata Pergola dan Gazebo memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan, lho.

 

Memahami perbedaan antara pergola dan gazebo penting agar kamu dapat membuat keputusan yang tepat saat merancang atau membeli salah satu dari keduanya. 

 

Dalam artikel ini, kita akan menyelami lima perbedaan mendasar antara gazebo dan pergola yang perlu kamu ketahui sebelum memilih mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.


 

Baca juga: Gazebo dari Baja Ringan, Solusi Terbaik Kumpul Keluarga Untuk Rumah Perkotaan

 

 

Pengertian Gazebo

Gazebo Vs Pergola

Sumber: Google

 

Gazebo merupakan banguan outdoor yang dapat dibangun dengan material kayu, besi atau baja ringan. Biasanya bentuk gazebo adalah bundar dengan lantai dan atap yang permanen. 

 

Hadir dengan struktur sistem atap tertutup yang berdiri sebagai bangunan sendiri dan terpisah dari bangunan utama hunian lain. Struktur gazebo hadir dalam berbagai variasi desain. Untuk sistem lantainya gazebo biasanya lebih tinggi dari permukaan tanah sekitarnya.

 

Desain dari struktur ini menghadirkan suasana sejuk dari sinar matahari dan juga hujan. Hal ini membuat gazebo cocok untuk dijadikan sebagai tempat mengadakan acara kecil-kecilan untuk setiap pemilik hunian. 


 

Pengertian Pergola

Gazebo Vs Pergola

Sumber: Engineering Discoveries

 

Pergola berasal dari bahasa latin yakni ‘pergula’ yang berarti atap menonjol dengan bangunan tambahan yang dililit tanaman rambat. 

 

Pergola sendiri merupakan bangunan dengan struktur terbuka yang hadir dengan pilar-pilar vertikal dengan balok silang yang saling menopang serta memiliki kisi-kisi terbuka yang menempel atau melekat pada bangunan utama suatu hunian.

 

Pergola umumnya dibangun di atas permukaan, seperti dak, teras, atau area taman dan dijadikan sebagai pelengkap atau mempercantik bangunan utama. Misalnya untuk tempat teduh pelengkap jalan setapak, atau tempat tumbuhnya tanaman rambat.

 

 

Perbedaan Gazebo Dan Pergola

Gazebo Vs Pergola

Sumber: hgtv

 

Jika dilihat dari pengertian dan fungsinya, gazebo dan pergola sudah memiliki perbedaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut perbedaan kedua bangunan outdoor ini : 

 

Struktur

Walaupun sama-sama berfungsi sebagai tempat santai, namun gazebo memiliki struktur bangunan yang lebih rumit daripada pergola. 

 

Gazebo hadir dengan struktur sekunder terbuka yang dapat berdiri dengan sendiri sebagai sebuah bangunan, sedangkan struktur pergola biasanya lebih simple dan fleksibel karena menempel atau melekat pada struktur bangunan utama. 

 

Biaya

Biaya pembuatan gazebo jauh lebih mahal daripada pergola. Hal ini karena struktur bangunan yang rumit mempengaruhi banyaknya bahan bangunan yang dibutuhkan dan proses pengerjaannya cenderung memakan waktu lebih lama.

 

Sementara, biaya pembuatan pergola jauh lebih murah karena tidak sekompleks pembuatan gazebo.

 

Namun perlu diingat bahwa semakin lengkap fasilitas gazebo dan pergola yang ingin Anda buat, maka semakin mahal total biayanya. Beberapa fasilitas tersebut antara lain seperti tempat duduk, lantai, dan pagar. 

 

Desain Bentuk

Dari segi bentuk, gazebo umumnya memiliki bentuk bulat, sementara pergola memiliki bentuk kotak atau bersudut.

 

Gazebo biasanya dapat berdiri sebagai sebuah bangunan sendiri, hal ini dikarenakan sistem atap tertutupnya membuat gazebo sulit untuk ditempel dengan bangunan lain.

 

Sedangkan pergola pada dasarnya didesain untuk menempel atau melekat pada bangunan utama sebuah hunian. Hal ini dapat terlihat pada struktur pergola yang sederhana dengan balok-balok saling menopang membuat pergola mudah dipasang ke bangunan utama. 

 

Untuk desainnya, baik pergola dan gazebo memang lebih banyak ditemukan di area taman atau halaman tempat bersantai, namun desain keduanya tidak sama dan selalu disesuaikan dengan tempat.


 

Sistem Atap

Gazebo hadir dengan sistem atap tertutup yang membuatnya tidak bisa untuk dilekatkan atau ditempel pada bangunan lainnya.  Umumnya atap penutup gazebo terbuat dari kayu, bambu, atau baja ringan yang kokoh. 

 

Kekurangan dari sistem atap tertutup ialah perlu membongkar seluruh struktur atap ketika ingin merenovasi desain. Kelebihan dari sistem atap gazebo ialah menawarkan perlindungan dari sinar matahari dan juga guyuran hujan. 

 

Lalu untuk pergola, biasanya hadir dengan sistem atap terbuka. Sistem atap terbuka ini memungkinkan pemiliknya memodifikasi tampilan sesuai dengan selera. 

 

Umumnya struktur atap pergola biasanya dihiasi dengan tanaman rambat yang membuat suasana cukup teduh dan menambah kesan alami. 

 

Walaupun sistem atap dari pergola tidak dapat melindungi Anda dari panas terik atau hujan deras seperti layaknya gazebo, namun semua itu dapat diantisipasi dengan memodifikasi sesuai kebutuhan dan selera, salah satunya melalui tanaman rambat.

 

Daya tahan

Dari sisi daya tahan, pergola memiliki umur pakai yang jauh lebih pendek daripada gazebo. Struktur bangunan dari pergola yang lebih sederhana cenderung kurang kuat dalam menghadapi faktor eksternal seperti cuaca. 

 

Sistem atap terbukanya juga tidak dapat melindungi pilar-pilar balok silang, terutama yang terbuat dari bahan kayu. Untuk itu sangat disarankan membuat struktur pergola dari baja ringan yang memiliki daya tahan lebih kuat. 

 

Sistem atap tertutup dari gazebo membuat umur pakai dan daya tahan gazebo lebih baik. Hal ini karena sistem tertutupnya dapat memberikan perlindungan pada pilar-pilar penyangga yang berkontribusi pada tingkat kekuatan dari keseluruhan struktur bangunan. 

 

Baca juga: Inspirasi Desain Tangga Sempit Untuk Rumah Mungil Minimalis

 

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, jangan disimpulkan bahwa pergola memiliki nilai fungsional yang lebih rendah dibandingkan gazebo. Semua kembali lagi kepada fungsi kebutuhan dan preferensi dari masing-masing orang untuk pelengkap hunian rumahnya. 

 

Selain itu, penting untuk memperhatikan bahan yang digunakan saat hendak membangun gazebo ataupun pergola. Disarankan untuk menggunakan bahan baja ringan yang tentunya sudah melewati tes uji coba agar dapat digunakan dalam waktu yang lama dibanding kayu.

 

Tertarik membangun gazebo atau pergola menggunakan baja ringan? BLKP solusi kebutuhan baja ringan Anda. Sudah tersertifikasi, ber-SNI, ber-ISO dan lulus uji sertifikasi lainnya menunjukan kualitas baja ringan BLKP yang bagus dan aman digunakan. 

 

Demikian artikel yang membahas perbedaan gazebo dan pergola. Semoga artikel di atas dapat menambah pengertahun Anda. Jika tertarik membeli baja ringan untuk kebutuhan membuat gazebo dan pergola, segera hubungi Tim BLKP untuk informasi selengkapnya.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..