CARA MENGECAT BAJA RINGAN ANTI NGOLOTOK DAN PASTI NEMPEL

Baja ringan memiliki keunggulan tahan karat dibandingkan dengan bahan konvensional lainnya. Meskipun demikian, saat terpapar faktor-faktor tertentu, baja ringan juga dapat mengalami korosi atau karat, yang berpotensi merusak lapisan nya dan memberikan tampilan usang. Namun, jangan khawatir, karena ada berbagai cara untuk merawat baja ringan, dan salah satu solusinya adalah dengan melakukan pengecatan.

 

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah mudah untuk mengecat baja ringan, mengembalikan tampilannya menjadi seperti baru. Terdapat variasi cara mengecat baja ringan, mulai dari metode yang paling rumit, yang melibatkan penggunaan primer, cat warna dasar, warna utama, hingga warna coating. 

 

Meskipun bagi beberapa orang proses ini terasa rumit, namun ada juga cara yang lebih sederhana. Artikel ini akan memberikan panduan yang padu dan informatif, menjelaskan berbagai metode pengecatan baja ringan, sehingga pembaca dapat memilih cara yang sesuai dengan preferensi dan kemudahan pelaksanaan.

 

Hal yang Dibutuhkan Saat Mengecat Baja Ringan dengan Sistem Spray

Dalam panduan ini, kita akan membahas penggunaan sistem spray atau semprot untuk memberikan lapisan cat yang optimal pada baja ringan. Persiapkan bahan dan peralatan berikut sebelum memulai:

 

Bahan yang Diperlukan:

  1. Cat Baja Ringan: Pilih cat dengan merek apapun yang menggunakan bahan dasar air. Keunggulan bahan dasar air adalah memungkinkan pengaplikasian tanpa memerlukan tambahan air pada saat proses pengecatan.

 

Peralatan Pelengkapnya:

  1. Sumpit: Digunakan untuk mengaduk cat sehingga mendapatkan kekentalan yang merata.

  2. Lap: Untuk membersihkan dan mengelap baja ringan agar bebas debu.

  3. Kompresor: Satu set kompresor diperlukan untuk menyemprotkan cat dengan baik.


 

Baca juga: Memahami Penyebab Korosi dan Karat serta Perbedaan Antara Korosi dan Karat

 

Langkah-langkah Pengaplikasian Cat Baja Ringan dengan Sistem Spray:

Berikut BLKP akan membahas secara mendetail langkah-langkah praktis yang perlu diikuti untuk mencapai hasil pengecatan baja ringan yang optimal dengan menggunakan metode semprot. 

 

Persiapan Cat

Buka kemasan cat baja ringan dan aduk hingga merata menggunakan sumpit.

 

Hilangkan Karat dan Kotoran

  1. Gunakan sikat kawat untuk menghilangkan noda dan kotoran yang telah menggumpal pada baja ringan.

  2. Anda juga bisa menggunakan kain lembab untuk mengelap kotoran hingga gumpalan-gumpalan kasar hilang.

  3. Jika masih ada kotoran yang tersisa, gunakan mineral spirit atau degreaser untuk membersihkannya.

  4. Untuk baja ringan yang terbuat dari bahan galvanis, gunakan larutan cuka putih untuk menghilangkan sisa seng dari proses galvanisasi. Setelah itu, amplas permukaan baja ringan hingga halus untuk memperpanjang masa pakai cat.

 

Persiapan Kompresor

persiapan kompresor - Cara Mengecat Baja Ringan

Sumber: https://www.youtube.com/@TukangJadijadian

 

 

  1. Nyalakan kompresor dan tunggu hingga tangki penuh.

  2. Isi tabung sprayer dengan cat dan sambungkan dengan selang kompresor.

 

Proses Pengecatan Lapis Pertama

Pengecatan Lapis Pertama - Cara Mengecat Baja Ringan

Sumber: https://www.youtube.com/@TukangJadijadian

 

  1. Semprotkan cat secara merata ke baja ringan dengan lapisan tipis. Pastikan cat terdistribusi dengan rata.

  2. Tunggu hingga kering selama 10 - 20 menit.

 

Proses Pengecatan Lapis Kedua

  1. Setelah lapisan pertama kering, ulangi proses pengecatan untuk lapisan kedua dengan cara yang sama.

  2. Semprotkan cat secara merata dengan lapisan tipis.

  3. Tunggu hingga kering selama 20 menit.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah dan efisien mengecat baja ringan menggunakan sistem spray. Hasilnya, baja ringan akan kembali memukau dengan tampilan yang segar dan perlindungan yang optimal dari korosi.

 

Metode Pengecatan Baja Ringan dengan Sistem Konvensional

Jika cara di atas menjelaskan mengenai pengecatan baja ringan dengan sistem konvensional. Mari kita eksplorasi bersama metode pengecatan konvensional yang dapat meningkatkan keindahan dan ketahanan cat pada permukaan baja ringan:

 

Mengaplikasikan Lapisan Primer Berbahan Minyak

Langkah inti dalam proses mengecat baja ringan adalah mengoleskan lapisan primer berbahan dasar minyak. Lapisan primer ini memiliki daya rekat yang baik pada permukaan baja ringan.

 

Jika baja ringan Anda berkarat, aplikasikan primer seng kromat terlebih dahulu untuk melindunginya dari korosi. Selanjutnya, semprotkan primer cat ke permukaan baja ringan secara merata dan biarkan mengering selama setidaknya 24 jam.

 

Mengaplikasikan Cat Khusus Baja Ringan

Setelah lapisan primer cat mengering, Anda dapat melanjutkan dengan mengaplikasikan cat khusus baja ringan. Gunakan kuas atau roller cat untuk mengecat lapisan tipis di permukaan baja ringan secara merata. Pastikan untuk mengikuti arah sapuan cat sebelumnya agar hasilnya rapi.

 

Tunggu sekitar 90 menit hingga lapisan pertama mengering dengan sempurna. Jika hasilnya tidak memuaskan atau tidak cukup tebal, Anda bisa menambahkan lapisan cat tambahan. Biarkan cat mengering selama 36 hingga 48 jam sebelum penggunaan.


 

Baca juga: Pemicu Korosi Baja Ringan dan Cara Mencegahnya

 

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai cara mengecat baja ringan. Terdapat banyak metode untuk mengecat baja ringan diantaranya cara konvensional yang menggunakan kuas dan mengecat baja ringan dengan bantuan sprayer. 

 

Semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi Anda. Jika Anda memerlukan berbagai produk barang jadi baja ringan berkualitas, jangan ragu untuk menghubungi Tim BLKP. Produk baja ringan kami terjamin mutunya karena sudah memenuhi standar SNI dan tersertifikasi ISO 9001:2015. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..