membeli rumah di luar kota.jpeg

WAJIB TAHU! INI 4 TIPS MEMBELI RUMAH DI LUAR KOTA

 

Rumah memang menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk menunjang aktivitas kehidupan para penghuninya. Selain itu, bangunan rumah juga masuk ke dalam kebutuhan pokok bagi tiap manusia. 

 

Namun, memiliki rumah bukan hal yang mudah. Perlu persiapan dana yang tidak murah. Namun, pemilihan lokasi bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang ingin memiliki rumah. 

 

Membeli rumah di luar kota bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan hunian yang pas. Lantas, apa saja tips-tips untuk membeli rumah di luar kota? Berikut tips yang perlu diketahui.

 

 

Baca Juga: Ini Tips Dekorasi Ruang di Bawah Jendela

 

 

Ketahui Lokasi Propertinya

 

membeli rumah di luar kota

 

www.pexels.com 

 

Tips pertama yang perlu Anda ketahui ketika membeli rumah di luar kota adalah dari lokasi properti yang akan Anda beli. Lokasi menjadi bagian yang penting di mana nantinya akan berpengaruh terhadap mobilitas aktivitas keseharian Anda ataupun keluarga.

 

Untuk hal ini, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal yang berkenaan dengan lokasi dari rumah Anda tersebut. Diantaranya adalah akses jalan, transportasi, dan fasilitas sarana umum yang ada di sekitar lingkungan Anda. Hal ini untuk memudahkan mobilitas dan menunjang segala kegiatan Anda dan keluarga. 

 

 

Pertimbangkan Perbedaan Uang Muka

 

Selanjutnya saat Anda membeli rumah di luar kota adalah perlu mengetahui adanya perbedaan uang muka untuk harga hunian yang Anda incar. Harga tiap rumah pastinya mempunyai perbedaan masing-masing, tergantung dari lokasi, ukuran bangunan, hingga luas tanah yang ada.

 

Untuk harga rumah di luar pusat kota, biasanya nominal uang muka akan berbeda daripada membeli rumah di dalam kota atau pusat kota. Untuk itu, Anda perlu mengetahui suku bunga KPR dan mencari mana yang paling rendah.

 

Tentunya hal ini berhubungan dengan jumlah uang muka. Jadi, sebelum Anda memilih untuk membeli rumah di luar pusat kota, pilih suku bunga KPR yang rendah.

 

 

Mengecek Apakah Ada Biaya Tambahan

 

membeli rumah di luar kota

 

www.pexels.com

 

Langkah berikutnya adalah mengecek apakah ada biaya tambahan yang diperlukan. 

 

Apabila Anda sudah memiliki rumah di luar kota dan rumahnya berkonsep perumahan atau cluster, biasanya pihak manajemen properti menetapkan beberapa biaya yang harus dibayar. Beberapa biaya tambahan, seperti biaya HOA hingga pemeliharaan setiap bulannya jika dikelola oleh pihak ketiga. 

 

 

Hitung Pengeluaran Tetap Setiap Bulannya

 

membeli rumah di luar kota

 

www.pexels.com 

 

Pastikan juga untuk menghitung pengeluaran tiap bulannya. Karena biasanya pengeluaran yang diperlukan akan berbeda dibandingkan dengan rumah di dalam kota. Diantaranya biaya transportasi, biaya operasional, dan biaya-biaya kebutuhan kesehariannya menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan untuk kebutuhan Anda.

 

Selain itu, biaya beberapa tagihan untuk rumah Anda seperti tagihan listrik, tagihan air, ataupun tagihan internet juga perlu Anda perhatikan lebih lanjut. Hal ini dilakukan agar biaya sehari-hari bisa terpenuhi dengan baik.

 

 

Kesimpulan

 

Membeli rumah di luar kota memang bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa memiliki hunian yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya dengan berbagai hal yang perlu Anda ketahui sebagai persiapannya, membeli hunian yang tepat bisa didapatkan dengan perencanaan yang matang.

 

Selain membeli rumah, hal lainnya yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam membeli huniannya itu adalah dengan mengetahui material bangunan apa yang digunakan untuk bangunannya. Untuk hal tersebut, Anda bisa memilih material baja ringan dari BLKP.

 

Perlu Anda ketahui bahwa material baja ringan BLKP itu telah teruji secara klinis dan juga setiap produknya telah memenuhi standar SNI. Selain itu, produknya sudah tersertifikasi ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna, juga sudah tersertifikasi TKDN 22 - 34981.

 

Bagaimana? Tertarik dengan produk kami? Hubungi kami!

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..