cek kualitas bangunan.jpg

5 HAL WAJIB UNTUK CEK KUALITAS BANGUNAN AGAR KOKOH & ANTI ROBOH

 

Suatu bangunan perlu diperhatikan kekuatannya dengan tepat, agar bangunan tersebut aman untuk dihuni oleh para penghuni rumah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat menjamin kualitas bangunan.

 

Oleh karena itu, para penghuni maupun para pengembang properti wajib tahu apa saja yang dibutuhkan untuk cek kualitas bangunan sesaat setelah proses pembangunan.

 

 

Baca Juga: Ketahui 5 Faktor yang Mempengaruhi Nilai Jual Rumah

 

 

Apa saja? Berikut 5 hal yang wajib diketahui dalam cek kualitas bangunan agar kokoh dan anti roboh.

 

 

Ketahui Struktur Tanah

 

cek kualitas bangunan

 

https://dinaspupr.bandaacehkota.go.id

 

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum mengecek kualitas bangunan adalah terlebih dahulu mengetahui struktur tanah yang ada di sekitar bangunan tersebut.

 

Tanah pada bangunan menjadi salah satu bagian yang penting untuk menjaga pondasi dari sebuah bangunan.

 

Apabila di sekitarnya merupakan tanah liat atau tanah kapas hitam, sebaiknya pembangunan tidak dilakukan karena kualitas dari tanah liat atau tanah kapas hitam tersebut kurang kokoh untuk dibangun bangunan lain di atasnya.

 

Hal ini bisa saja terjadi karena struktur dari tanah tersebut akan mudah membengkak serta menyusut, tergantung tingkat kelembaban serta air yang berada di sekitar pembangunan.

 

 

Pilih Kualitas Beton Yang Terbaik

 

cek kualitas bangunan

 

www.bosspanel.co.id 

 

Tips lainnya yang tidak kalah penting dalam cek kualitas bangunan adalah memilih kualitas beton yang terbaik.

 

Beton sama pentingnya dengan struktur dasar tanah dalam pengembangan bangunan ataupun hunian yang akan dibangun selanjutnya. Untuk hal ini, pilihlah kualitas beton yang siap pakai untuk mendapatkan produk beton yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah beton tersebut memiliki kualitas baik atau tidak, yakni dengan cara menusuk paku melalui dinding beton.

 

Apabila paku bisa masuk ke bagian dindingnya dengan mudah, maka bisa diketahui bahwa kualitas beton yang digunakan tersebut merupakan kualitas yang kurang baik,

 

Begitupun sebaliknya, kualitas beton bisa dikatakan baik jika paku tidak mudah masuk ke dinding beton.

 

 

Cek Ketebalan Dinding Bangunannya

 

Hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah mengetahui atau mengecek ketebalan dinding pada bangunan.

 

Untuk mengetahui ketebalan pada dinding beton, proses pengecekannya masih berkaitan erat dengan kualitas beton yang digunakan.

 

Cara melakukan pengecekannya juga cukup mudah. Para penghuni hanya perlu menekan-nekan dinding saja. Apabila bisa membuat lubang dengan mudah, maka kualitas dari ketebalan dindingnya kurang baik.

 

Selain itu, bisa juga untuk mengetuk dinding dengan jari, apakah dinding bagian dalam tersebut menggunakan kayu lapis ataukah tidak.

 

Perlu diketahui juga bahwa pemakaian kayu lapis pada dinding memiliki risiko, dimana kayu lapis bisa rusak akibat dimakan oleh rayap.

 

 

Pertimbangkan Kualitas Cat untuk Dindingnya

 

cek kualitas bangunan

 

www.dekoruma.com 

 

Mengetahui kualitas cat yang digunakan untuk bagian dinding bangunan bisa jadi salah satu bagian di dalam proses mengecek kualitas bangunan.

 

Cat pada dinding bukan hanya berguna untuk mempercantik visual bagian dindingnya saja. Namun, hal ini juga untuk melindungi dinding agar tidak mudah retak.

 

Para penghuni perlu memperhatikan kualitas dari cat yang digunakan pada dinding ruangan bagian dalam.

 

Pilihlah merek cat dinding dengan kualitas waterproof agar cat yang digunakan bisa tahan air dan awet saat diaplikasikan.

 

 

Periksa Plester Dinding Interiornya

 

cek kualitas bangunan

 

www.liputan6.com

 

Tips terakhir adalah memeriksa plester pada dinding ruangan. Caranya dengan memeriksa setiap sudut kerapian pada plester dinding di setiap ruangan yang ada.

 

Apabila ada retakan atau retakan serabut di bagian sisinya, maka hal ini perlu diperbaiki agar retakannya tidak semakin membesar.

 

 

Kesimpulan

 

Melakukan aktivitas untuk cek kualitas bangunan sesaat setelah proses pembangunan merupakan bagian penting yang dilakukan oleh para penghuni atau pengembang bangunan dalam menjaga keamanan bagi para penghuni.

 

Karena jika ada satu bagian yang kurang mumpuni, hal ini bisa mempengaruhi kualitas kekuatan pada bangunan itu sendiri dan mungkin saja bisa roboh sewaktu-waktu.

 

Untuk mendapatkan kualitas bangunan yang memadai serta anti roboh, penggunaan material baja ringan dari BLKP bisa jadi pilihan yang terbaik.

 

Produk baja ringan dari BLKP telah memenuhi standar SNI. Semua produk baja ringan dari BLKP sudah tersertifikasi ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna, juga sudah tersertifikasi TKDN 22 - 34981.

 

Tertarik dengan produk kami? yuk segera Hubungi kami.

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..