ANTI RIBET! INSPRASI DESAIN WARUNG KECIL MINIMALIS DAN ESTETIK

Warung merupakan tempat usaha yang menyediakan barang, makanan, dan minuman untuk kebutuhan sehari-hari. Keberadaan warung dianggap penting karena dapat membantu meningkatkan ekonomi pelaku UMKM, sekaligus dapat menjangkau konsumen hingga lokasi terpencil karena biasanya warung terletak di lokasi pemukiman. 

 

Saat ini desain warung minimalis semakin diminati akhir-akhir ini karena dianggap menarik secara visual. Menggabungkan antara konsep estetik, kesederhanaan, dan mengedepankan efisiensi fungsionalitas menjadi fokus utama desain warung untuk menarik pelanggan.

 

Sebelum membangun warung minimalis, perlu mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk soal desain yang menjadi daya tarik utama bagi pembeli. Faktor lain yang harus dipertimbangkan melibatkan posisi warung agar tidak mengganggu lingkungan, aspek keamanan, dan tata letak yang mudah dijangkau oleh penduduk setempat. 

 

Desain warung yang tepat, bukan hanya membuat pelanggan akan merasa nyaman, namun juga sesuai dengan sisi fungsionalitasnya. Untuk merancang desain warung minimalis, berikut enam rekomendasi desain yang dapat disesuaikan dengan budget..

 

 

Desain Warung Minimalis dengan Mini Bar

desain warung kecil depan rumah

Sumber: Pinterest

 

Salah satu opsi yang menarik adalah desain warung minimalis dengan mini bar. Mini bar dalam warung menciptakan suasana nyaman bagi pelanggan yang ingin menikmati minuman atau makanan ringan sambil duduk santai. 

 

Meja panjang dan kursi di depan kasir dapat menampung beberapa pelanggan. Model ini juga bisa ditempatkan di depan rumah, menciptakan tampilan minimalis dengan 2 bagian warung terbuka, memungkinkan pembeli masuk dari berbagai arah, dan dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis usaha mulai dari warung sembako, pakaian, hingga salon kecil.

 

Desain Warung Makan Tegal ‘Warteg’ Modern 

desain warung kecil depan rumah

Sumber: Pinterest

 

Jika keahlian Anda berada pada bidang kuliner dan mampu membuat makanan dengan baik, coba pertimbangkan untuk membuka warung makan tegal di depan rumah. Anda dapat menyesuaikan dengan cita rasa selera orang-orang di sekitar tempat tinggal Anda. Sajikan beragam menu menarik dengan harga yang terjangkau.

 

Desain warung makan yang minimalis memberikan kepraktisan dan fungsi yang optimal. Anda bisa menambahkan furniture seperti etalase makan dengan kaca transparan untuk menunjukan berbagai pilihan makanan kepada pelanggan. 

 

Jangan lupa untuk menyediakan meja kayu dengan desain minimalis dan kursi yang tersusun rapi guna memberikan kenyamanan namun sesuai dengan tema desain yakni modern. Pastikan juga untuk menampilkan menu dengan jelas.

 

Baca juga: Kandang Kambing Baja Ringan Modern! Solusi Peternakan Millennial

 

Desain Warung di Depan Rumah

Sumber: Ruang Rupa

 

Jika Anda memiliki garasi atau area depan rumah yang jarang terpakai, pertimbangkan untuk mengubahnya menjadi warung atau memanfaatkannya untuk usaha lain seperti warung kelontong, salon, warung ATK / fotocopy, dan sebagainya.

 

Desain yang menarik dengan kombinasi warna yang sesuai dan furniture yang mendukung dapat memberikan daya tarik tersendiri. Jika Anda berencana untuk membuka warung kelontong atau agen, pertimbangkan penggunaan sliding door dengan pilihan dan warna yang serasi.

 

Prosesnya sederhana dan tidak memerlukan anggaran besar. Pembuatannya juga tidak akan memakan waktu yang lama, serta tidak akan banyak menempati ruang di rumah Anda. Tetapi, pastikan untuk memberikan pengamanan maksimal agar barang-barang tetap aman.

 

Desain Warung Minimalis Take Away

desain warung kecil depan rumah

Sumber: Pinterest

 

Konsep warung minimalis take away menekankan efisiensi dan kesederhanaan dengan fokus utama pada pelayanan pengambilan pesanan langsung. Tujuan dari desain ini adalah memberikan pengalaman yang cepat dan nyaman bagi pelanggan yang ingin memesan makanan atau minuman untuk dibawa pulang.

 

Ciri khas dari desain warung minimalis take away mencakup penggunaan kaca sebagai elemen utama, memungkinkan pelanggan untuk melihat produk yang ditawarkan dan menciptakan suasana terbuka. Hal ini juga memungkinkan orang yang berlalu-lalang untuk melihat barang dagangan secara langsung.

 

Disediakan area khusus bagi pelanggan yang ingin memesan makanan dan minuman. Penggunaan papan menu yang jelas dan mudah dibaca, atau adopsi sistem pemesanan online, dapat menjadi cara efisien untuk memudahkan pelanggan dalam memilih menu yang diinginkan.

 

Desain Warung Kontainer di Teras

desain warung kecil depan rumah

Sumber: Pinterest

 

Jika Anda menginginkan model warung yang unik, desain menggunakan kontainer bisa menjadi pilihan menarik. Konsep ini memungkinkan Anda memisahkan ruang antara rumah dan tempat usaha dengan menggunakan kontainer.

 

Tempatkan kontainer di halaman rumah Anda, dan pilihlah desain kontainer yang sesuai dengan posisi dan ukuran lahan yang tersedia. Desain warung kecil depan rumah ini sederhana dan tidak memerlukan pengeluaran ekstra yang besar.

 

Agar pengeluaran dapat dihemat, tidak perlu memilih kontainer berukuran besar. Dengan menggunakan kontainer berukuran minimalis, Anda sudah bisa memiliki booth untuk ide jualan! Tambahkan fasilitas tambahan seperti kursi dan meja untuk memberikan kenyamanan dan memudahkan pelanggan yang sedang menunggu.

 

Desain Warung Sederhana di Bagian Bawah Rumah

Sumber: Behance

 

Jika Anda memiliki rumah 2 lantai, ide memanfaatkan lantai bawah sebagai warung atau jenis usaha lain bisa menjadi pilihan yang efektif. Desain warung di bagian bawah rumah tidak hanya dapat menghemat anggaran karena tidak perlu menyewa tempat tambahan, tetapi juga tidak akan mengganggu kegiatan sehari-hari atau privasi di dalam rumah. Dengan melakukan seluruh kegiatan rumah di lantai atas, Anda dapat menjalankan usaha tanpa mengganggu kenyamanan dan privasi rumah Anda. Hal ini memastikan bahwa bisnis Anda berjalan lancar tanpa mengorbankan kehidupan pribadi Anda di dalam rumah.

 

Baca juga: 7 Kandang Kucing Outdoor Sederhana, Meong Jadi Lebih Nyaman

 

Kesimpulan 

Itulah artikel yang memberikan gambaran mengenai beberapa rekomendasi desain warung, seperti desain warung minimalis dengan mini bar, warung makan Tegal modern, warung kontainer di teras, dan lainnya. Semoga artikel ini berguna dalam memberikan panduan untuk merancang warung yang efisien, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

 

Jangan lupa! Untuk segala keperluan bahan bangunan, selalu gunakan produk baja ringan terbaik dari BLKP bagi warung Anda. BLKP sebagai produsen baja ringan terbaik selalu siap untuk menghadirkan beragam produk baja ringan yang terbukti  berkualitas karena sudah berstandar SNI, ISO 9001-2015, dan uji lab dari lembaga berkredibilitas lainnya. Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Silahkan Hubungi Tim Kami sekarang.

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..