SEPUTAR MEZZANINE DAN HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PROSES PEMBUATANNYA

Siapa yang tidak asing dengan istilah Mezzanine? Bagi para pemilik rumah minimalis dengan jumlah ruang terbatas dan ingin memaksimalkan sisi fungsional dari keseluruhan ruang dalam rumah pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Singkatnya, mezzanine merupakan konsep menciptakan ruang tambahan yang sesuai dengan kebutuhan tanpa harus merombak struktur rumah secara signifikan. Solusi ini terkenal praktis, dan juga memastikan keberlanjutan desain yang sudah ada dalam rumah minimalis Anda.

 

Mezzanine memiliki potensi untuk memperluas ruang di dalam rumah dan memberikan sentuhan menarik tanpa perlu menambah lantai. Pada artikel ini, BLKP mencoba membahas lebih dalam tentang mezzanine. Pastikan untuk membacanya sampai selesai!

 

Apa Itu Mezzanine?

Secara umum, mezzanine merupakan ruang terbuka yang terletak di tengah-tengah ruang serta memiliki langit-langit yang tinggi. Ruang ini seringkali berbentuk seperti balkon yang terletak di lantai atas rumah dan memiliki luas kira-kira hanya sebagian dari seluruh luas lantai di bawahnya. Saat ini penggunaan mezzanine bukan hanya diaplikasikan pada rumah tinggal saja, tetapi juga telah meluas hingga ke toko, hotel, ruang pertunjukkan, dan bahkan rumah.

 

Umumnya, mezzanine dirancang dengan menggunakan berbagai bahan, seperti kayu, logam, atau kaca. Struktur penyangga mezzanine dapat terlihat atau disembunyikan, tergantung pada estetika yang diinginkan. Desainnya dapat menjadi elemen arsitektur yang menarik dan dapat memperkaya tampilan keseluruhan bangunan.Penting untuk dicatat bahwa pembuatan mezzanine memerlukan ketinggian ideal berkisar antara 4 hingga 5 meter. 

 

Manfaat Pembuatan Mezzanine

Pembuatan mezzanine memiliki beragam manfaat yang dapat Anda rasakan, terutama dalam sebuah konstruksi struktur bangunan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

 

Pemanfaatan Ruang Secara Lebih Maksimal

Mezzanine memberikan tambahan ruang tanpa perlu memperluas luas lantai bangunan, khususnya dalam bangunan dengan langit-langit tinggi yang memungkinkan optimalisasi ruang vertikal.

 

Ruangan yang Bersifat Fleksibel

Mezzanine dapat diadaptasi sesuai dengan kebutuhan yang beragam. Contohnya, mezzanine dapat berfungsi sebagai ruang kerja, ruang tamu, ruang pameran, atau bahkan sebagai ruang tidur tambahan di lingkungan perumahan.

 

Ruang Penyimpanan yang Ekstra

Mezzanine dapat difungsikan sebagai area penyimpanan ekstra, terutama dalam konteks bangunan komersial seperti toko atau gudang.

 

Segmentasi Fungsi

Dalam konteks bangunan komersial, mezzanine dapat menjadi alat untuk memisahkan fungsi-fungsi yang berbeda. Sebagai contoh, di pusat perbelanjaan, mezzanine dapat berperan sebagai area makan atau tempat hiburan untuk pengunjung.

 

Baca juga: Cara Hitung Rumus Tinggi Kuda-Kuda Atap Rumah. Beserta Contohnya!

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Proses Pembuatan Mezzanine

Sebelum memulai proses pembuatan mezzanine, perlu dipertimbangkan dengan cermat beberapa hal penting agar hasilnya memenuhi kebutuhan dan standar keamanan yang diperlukan, antara lain: 

 

Menentukan Lokasi

Dalam perencanaan desain rumah mezzanine, pemilihan posisi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Biasanya, lantai mezzanine ditempatkan di tengah-tengah antara lantai dasar dan plafon. Meskipun perlu disesuaikan dengan tinggi langit-langit, pastikan tinggi lantai mezzanine mencukupi agar tidak mengganggu kenyamanan penghuni dengan kepala yang terbentur. Minimal, tinggi ruangan mezzanine sebaiknya mencapai 2,5 meter.

 

Ukuran Luas Mezzanine

Umumnya, luas lantai mezzanine dirancang hanya sekitar sepertiga atau seperempat dari total luas ruangan. Hal ini penting untuk mencegah ruangan terasa sempit dan sumpek. Jika ukuran lantai mezzanine lebih besar dari standar, ruangan dapat terasa pengap dan sulit untuk menjaga suhu tetap nyaman.

 

Fungsionalitas Mezzanine

Desain mezzanine memiliki karakteristik semi-terbuka yang dapat difungsikan untuk berbagai keperluan. Meskipun kurang cocok sebagai kamar tidur karena sifatnya yang semi-terbuka, mezzanine dapat dijadikan ruang menonton TV, ruang keluarga, ruang kerja, ruang bermain anak, dan sebagainya. Penting untuk memilih mezzanine yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan yang diinginkan.

 

Pemilihan Material Konstruksi

Ada 4 jenis material yang dapat digunakan untuk membuat lantai mezzanine, yaitu baja ringan, kayu, beton, dan besi. Meskipun hanya sebagai lantai tambahan, pemilihan material harus dilakukan secara teliti karena lantai mezzanine merupakan bagian integral dari bangunan yang akan digunakan secara aktif. Oleh karena itu, disarankan menggunakan material baja ringan yang mudah diaplikasikan, kokoh, tahan rayap, dan memiliki ketahanan yang baik hingga bertahun-tahun.

 

Ventilasi dan Pencahayaan

Aspek penting lainnya dalam pembuatan mezzanine adalah ventilasi dan pencahayaan. Untuk mencegah pengap, pastikan ada jendela di salah satu sisi lantai mezzanine agar sirkulasi udara dan pencahayaan alami dapat masuk ke ruangan. Jika perlu, lampu tambahan dan kipas angin dapat digunakan untuk menjaga suhu tetap nyaman dan memberikan kenyamanan kepada penghuni rumah.

 

Tinggi Ruangan

Ketika merancang mezzanine, tinggi langit-langit ruangan menjadi pertimbangan krusial. Hal ini memastikan bahwa mezzanine dapat diakomodasi tanpa mengorbankan kenyamanan dan fungsi keseluruhan ruangan. Tinggi langit-langit yang memadai memungkinkan penempatan mezzanine dengan estetika yang sesuai dan menghindari kesan ruangan yang terlalu terkekang.

 

Penting untuk memperhitungkan tinggi langit-langit agar mezzanine dapat diintegrasikan secara seimbang dalam desain ruangan. Dengan menyesuaikan tinggi langit-langit, Anda dapat menciptakan ruang yang lebih lapang dan nyaman di sekitar mezzanine. Pemilihan lokasi dan perhitungan tinggi langit-langit yang akurat akan memastikan bahwa mezzanine tidak hanya menjadi elemen fungsional, tetapi juga estetis dalam ruangan.

 

Ruangan Di Bawah Mezzanine

Penting untuk memberikan perhatian khusus pada ruangan yang berada di bawah mezzanine. Ketika merencanakan penggunaan ruang di bawah mezzanine, pertimbangkan pengaturan furnitur dan pencahayaan untuk memaksimalkan fungsionalitasnya.

 

Ruangan di bawah mezzanine memiliki potensi besar untuk berbagai kegunaan, mulai dari ruang tamu tambahan hingga kantor kecil. Dengan merancang secara bijak, ruang ini dapat menjadi tempat yang nyaman dan menarik.

 

Pemilihan Tangga yang Sesuai

Tangga merupakan elemen penting dalam pembuatan mezzanine sebagai akses antar ruangan. Pilih tangga yang sesuai dengan ukuran ruangan di bawah dan lantai mezzanine agar tidak memberikan kesan sempit. Sesuaikan desain tangga dengan konsep interior ruangan untuk mencapai tampilan yang serasi.

 

Pemilihan Perabotan

Furniture bukan hanya menjadi perhatian utama di ruangan utama, tetapi juga di ruangan mezzanine. Pilih perabotan yang hemat tempat atau portabel untuk mencegah kesan sumpek dan beban berlebih pada struktur mezzanine, seperti kursi dan meja lipat.

 

Contoh-Contoh Mezzanine

Berikut sejumlah contoh mezzanine dapat memberikan gambaran bagaimana elemen ini dapat digunakan untuk memaksimalkan ruang dan memberikan sentuhan unik pada desain interior. Selain itu, dalam industri kreatif, mezzanine sering diaplikasikan sebagai studio kreatif atau ruang pertunjukan kecil yang memberikan fleksibilitas untuk berbagai kegiatan seni. 

 

Dengan contoh-contoh seperti ini, mezzanine tidak hanya memperluas ruang secara fisik, tetapi juga memberikan dimensi baru dalam konsep desain yang inovatif dan fungsional:

 

Mezzanine di Ruang Tengah

5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Pembuatan Mezzanine

Source: Google

 

Mezzanine yang ditempatkan di ruang tengah merupakan solusi desain yang dapat memaksimalkan pemanfaatan ruang secara efektif apabila Sobat BLKP memiliki plafon yang tinggi. Dengan mezzanine di tengah ruangan, Anda dapat menciptakan lantai tambahan tanpa harus mengorbankan ruang di sisi dinding. Keuntungan lainnya adalah memberikan sentuhan arsitektur yang menarik dan dinamis pada keseluruhan ruangan.

 

Mezzanine di Gudang Penyimpanan

Dalam konteks gudang penyimpanan, mezzanine sering digunakan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan tanpa perlu memperluas bangunan. Mezzanine di gudang dapat berfungsi sebagai lantai tambahan untuk menyimpan barang atau sebagai area kantor yang terpisah. Pemanfaatan ruang vertikal ini memberikan solusi efisien dalam mengatasi kebutuhan ruang penyimpanan yang terus berkembang.

 

Mezzanine di Kamar Tidur

mezzanine kamar tidur

Sumber: Google

 

Mezzanine di kamar tidur adalah pilihan desain yang kreatif untuk memaksimalkan ruang di lingkungan perumahan. Posisinya yang terintegrasi dengan kamar tidur dapat digunakan sebagai area tidur tambahan atau sebagai ruang pribadi yang terpisah. Hal ini menciptakan tata letak yang dinamis, memberikan kamar tidur nuansa modern dan fungsional.

 

Mezzanine di Sudut Ruangan

mezzanine sudut ruangan

Sumber: Google

 

Menempatkan mezzanine di sudut ruangan adalah cara cerdas untuk memanfaatkan ruang yang seringkali terabaikan. Dengan memanfaatkan sudut ruangan, mezzanine dapat diintegrasikan sebagai ruang baca, ruang kerja pribadi, atau bahkan sebagai tempat santai dengan pemandangan sekitar. Pendekatan ini memberikan dimensi baru pada desain interior dan memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

 

Mezzanine di Ruang Tengah 

5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Pembuatan Mezzanine

Source: Google

 

Mezzanine yang ditempatkan di ruang tengah merupakan solusi desain yang dapat memaksimalkan pemanfaatan ruang secara efektif apabila Sobat BLKP memiliki plafon yang tinggi. Dengan mezzanine di tengah ruangan, Anda dapat menciptakan lantai tambahan tanpa harus mengorbankan ruang di sisi dinding. Keuntungan lainnya adalah memberikan sentuhan arsitektur yang menarik dan dinamis pada keseluruhan ruangan.

 

 

Mezzanine di Ruang yang Sempit

Mezzanine di Ruang yang Sempit

Sumber: Google

 

Dalam ruang yang sempit, mezzanine dapat menjadi solusi brilian untuk menciptakan lantai tambahan tanpa merasa terbatas oleh keterbatasan ruang. Mezzanine di ruang sempit dapat diadaptasi menjadi area penyimpanan, ruang kerja, atau bahkan sebagai tempat untuk bersantai. Pemanfaatan ruang vertikal ini membuka peluang kreatif dalam mendesain ruang yang terbatas.

 

Baca juga: Ide Pintu Geser Minimalis yang Cocok Untuk Rumah Anda

 

Kesimpulan

Mezzanine adalah solusi cerdas untuk memaksimalkan ruang di berbagai konteks, seperti rumah minimalis, gudang penyimpanan, dan kamar tidur. Konsep menciptakan lantai tambahan tanpa renovasi besar telah membuatnya populer. Dengan perhatian pada aspek-aspek seperti tinggi ruangan, luas lantai, dan fungsionalitas, mezzanine dapat diterapkan di berbagai lokasi, termasuk sudut dan ruangan yang sempit. 


Tertarik untuk mengoptimalkan ruang secara efisien dengan mezzanine? Jika tertarik untuk membuat mezzanine dengan berbagai koleksi barang jadi baja ringan dari BLKP silahkan hubungi Tim Kami untuk panduan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat!



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..