Balkon Apartemen.jpg

YUK IKUTI 7 TIPS MUDAH MAKEOVER BALKON APARTEMEN

Balkon merupakan salah satu bagian yang menjadi ciri khas bangunan bertingkat, salah satunya apartemen. Walau pada umumnya, banyak penghuni yang menggunakan balkon sebagai tempat menjemur pakaian, namun manfaat balkon tidak hanya itu, lho! 

 

Itu sebabnya, apartemen dengan balkon menjadi hunian yang paling dicari.

 

Tak jarang, kini para developer berlomba memberikan penawaran menarik dengan balkon yang disetting menghadap pemandangan alam yang menarik perhatian, seperti pegunungan bahkan laut. 

 

Jika Anda salah satu penghuni yang memiliki balkon apartemen, coba beri sentuhan estetik untuk membuat balkon menjadi ruang multifungsi dan tak hanya sekedar tempat menjemur pakaian. 

 

Baca Juga: Ini Tips Mudah dan Inspirasi Desain Balkon Minimalis Yang Perlu Anda Tahu!

 

 

Terhambat dengan balkon ukuran kecil? Tenang saja, berikut beberapa ide dan tips menarik untuk membuat balkon apartemen lebih nyaman dan estetik. Apa saja? 

 

Yuk simak selengkapnya ya!

 

 

Pilih Furnitur Dengan Tepat

 

Balkon Apartemen

 

gardenpatch.co.uk

 

Kursi dan meja kecil sepertinya menjadi furniture wajib yang selalu ada di area balkon. Selain sebagai pemanis, Anda bisa menikmati waktu santai atau mengerjakan tugas dengan nyaman. Gunakan model kursi dan meja sesuai tema balkon agar lebih ‘nyambung’ pada desain yang Anda inginkan.

 

Jika terbatas ruang, gunakan furniture yang fleksibel seperti kursi dan meja lipat untuk memberi ruang yang digunakan untuk kebuhan lainnya saat tidak memerlukan penggunaan meja dan kursi. 

 

 

Jangan Lupa Soal Lantai

 

Balkon Apartemen

 

designcafe.com

 

Untuk lantai di balkon, Anda dapat menggunakan lantai kayu atau plastik yang interlocking. Memasang karpet juga sangan bisa dilakukan untuk menambah kenyaman Anda saat bersantai sambil lesehan di area balkon. Karena ini area outdoor, gunakan karpet luar ruangan berbahan yang tahan sinar matahari dan terpaan hujan. 

 

Ingin meninggalkan kesan homey? Pasang runner dek lantai yang tersedia dalam berbagai desain dan ukuran, sehingga memudahkan dalam mendesain sesuai ukuran balkon Anda. Namun, perhatikan perawatan dek lantai dengan baik ya!

 

 

Hiasan Dekorasi 

 

Ingin menghias balkon? Anda dapat mengganti hiasan di bagian dinding balkon dengan tanaman gantung dengan pot kecil atau rumput buatan yang mempermanis balkon. 

 

Pasang juga kursi gantung di salah satu sudutnya. Untuk lesehan yang cozy, tambahkan bantal-bantal besar atau bean bag yang menambah kenyamanan karpet lantai khusus atau heavy duty. Mainkan warna-warna cerah dan suasan area balkon lebih chic dan bohemian.

 

 

Kesan Hijau Dengan Taman 

 

Balkon Apartemen

 

mycloudforest.com

 

Suka berkebun? Hias balkon dengan taman mini yang indah. Letakkan beberapa pot tanaman yang pas sesuai ukuran. Selain membuat suasana balkon lebih segar, cara ini juga menjadikan balkon Anda lebih privat dan pandangan tetangga. 

 

Selain jenis bunga, Anda bisa menempatkan beberapa tanaman hijau seperti tanaman rambat, kaktus, kuping gajah atau tanaman bambu yang bisa menjadi pembatas dari balkon tetangga. 

 

 

Pasang Gorden Outdoor

 

Memasang gorden outdoor adalah salah satu cara yang efektif membuat balkon memiliki kesan privasi dan rapi. Anda pun nyaman berlama-lama di balkon. Gunakan gorden outdoor yang waterproof. 

 

 

Tambahkan Lampu 

 

Balkon Apartemen

 

homify.com

 

Umumnya, lampu jenis tumblr menjadi pilihan yang unik sebagai penghias balkon Anda. Cahaya temaran yang teduh membuat suasana balkon kian hangat. Tak masalah walau Anda tiduran di balkon. 

 

 

Pelindung Balkon

 

Walau sudah memakai bahan waterproof atau material tahan cuaca, Anda tetap wajib mempertimbangkan penggunaan kanopi untuk melindungi area balkon, dari terpaan cuaca ekstrim. Salah satu material kanopi terbaik adalah baja ringan. 

 

 

Kesimpulan 

 

Itu dia 7 tips menarik dan mudah untuk membuat balkon apartemen menjadi lebih nyaman dan estetik. Aplikasikan sesuai dengan konsep yang Anda inginkan ya!

 

Pastikan juga struktur bangunan balkon dengan baik. Gunakan selalu material terbaik, seperti kanopi dan teralis balkon dari baja ringan yang terjamin kualitasnya untuk hunian Anda. 

 

BLKP hadir dengan beragam pilihan produk baja ringan terbaik yang sudah berstandar SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta telah memiliki sertifikasi TKDN 22 - 34981.  



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..