ceiling_wall_angle.jpg

WALL ANGLE: PENGERTIAN DAN KEGUNAAN DALAM KONSTRUKSI BANGUNAN

Dalam dunia konstruksi, terdapat berbagai elemen dan komponen yang digunakan untuk membangun struktur bangunan yang kuat dan kokoh. Salah satu komponen penting yang sering digunakan adalah wall angle. Wall angle atau biasa dikenal dengan sebutan sudut dinding, merupakan bagian penting dalam konstruksi bangunan yang memiliki berbagai fungsi vital. 

 

Wall Angle biasa digunakan untuk menunjang, memperbaiki dan meningkatkan kekuatan pada sistem dinding dan plafon, serta rangka partisi. Penggunaan Wall Angle juga membantu plafon agar lebih tahan terhadap rayap serta lebih tahan terhadap karat dibandingkan besi biasa. 

 

Aplikasi Wall Angle cocok untuk digunakan pada plafon atau ceiling system yang berfungsi untuk meratakan tinggi plafon bangunan. Artikel ini akan membahas pengertian wall angle dan kegunaannya dalam konstruksi bangunan.


 

Baca juga: Spesifikasi Produk Wall Angle dari BLKP

 

Pengertian Wall Angle

wall angle baja ringan

Sumber: GNET Indonesia

 

Wall angle adalah sepotong besi atau logam berprofil L yang digunakan dalam konstruksi bangunan. Profil L ini biasanya memiliki dua sayap yang membentuk sudut 90 derajat, mirip dengan bentuk huruf "L." Wall angle dapat terbuat dari berbagai jenis logam, termasuk baja, aluminium, atau besi galvanis. Keberagaman bahan ini memungkinkan pemilihannya sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

 

Kegunaan Wall Angle dalam Konstruksi Bangunan

Wall angle memiliki beragam fungsi dan kegunaan penting dalam konstruksi bangunan, diantaranya:

 

Daya Tahan Tinggi

Wall angle digunakan untuk memperkuat struktur dinding dan plafon, karena membantu dalam mendistribusikan beban struktural dari dinding, plafon, lantai, dan atap ke dasar bangunan. Dengan cara ini, wall angle menjadi elemen penting dalam memastikan stabilitas dan kekuatan konstruksi bangunan

 

Penopang Plafon dan Dinding Partisi

Wall Angle berfungsi sebagai elemen penopang yang kuat untuk sistem plafon dan dinding partisi. Memberikan dasar yang solid untuk pemasangan plafon, panel dinding, atau partisi yang terpisah. Hal ini penting untuk menciptakan ruang dalam bangunan yang terorganisir dengan baik.

 

Pemasangan Dinding Drywall

Dalam proyek konstruksi bangunan, wall angle sering digunakan untuk pemasangan dinding drywall. Dinding drywall membantu dalam menciptakan sudut tajam dan garis lurus pada dinding, memberikan tampilan yang rapi dan profesional pada interior bangunan.

 

Pelindung Sudut Dinding

Wall angle juga berfungsi sebagai pelindung sudut dinding. Mereka melindungi sudut dinding dari kerusakan dan tanda goresan, yang dapat terjadi akibat gesekan dengan furnitur atau aktivitas sehari-hari. Dengan menggunakan wall angle, sudut-sudut dinding tetap terjaga dengan baik.

 

Baca juga: Jenis Bahan Metal yang Digunakan untuk Furniture

 

Fleksibilitas Desain Interior

Wall angle memungkinkan fleksibilitas dalam desain interior. Hal ini memungkinkan dalam menciptakan sudut-sudut tajam, garis lurus, dan perubahan arah yang halus dalam konstruksi dinding dan plafon.  Dengan menggunakan wall angle, interior akan hadir dengan berbagai elemen desain yang menarik.

 

Tidak Mengkilap, Warna Aluminium yang Tidak Kusam

Hadir dengan warna silver yang serupa dengan aluminium memberikan tampilan yang modern dan bersih pada konstruksi bangunan. Selain itu, warna yang ada di wall angle dari BLKP cenderung tidak mudah pudar apalagi berubah menjadi kehitaman. 

 

Lapisan Zinc Aluminium yang Membuat Tahan Karat dan Anti Rayap

Wall angle biasanya hadir dengan lapisan pelindung berupa zinc aluminium. Lapisan ini memberikan perlindungan efektif yang membuatnya tahan terhadap korosi. Wall angle juga tahan terhadap serangan rayap, dan menjadikannya sebagai opsi terbaik untuk membuat struktur bangunan tahan lama. 

 

Lebih Ekonomis

Wall Angle adalah pilihan yang lebih ekonomis dibandingkan dengan beberapa alternatif lainnya. Dengan kualitas yang tinggi dan daya tahan yang kuat, ini merupakan investasi yang cerdas dalam proyek konstruksi.

 

Baca juga: Keunggulan Gunting Baja Ringan untuk Konstruksi Bangunan

 

Kesimpulan

Wall angle adalah komponen penting dalam konstruksi bangunan yang memiliki berbagai fungsi dan kegunaan vital. Wall angle umumnya digunakan untuk memperkuat struktur dinding, mendukung plafon dan dinding partisi, serta memberikan tampilan rapi pada dinding interior. Selain itu, wall angle juga berperan sebagai pelindung sudut dinding dan memungkinkan fleksibilitas dalam desain interior. Dalam industri konstruksi, pemahaman yang baik tentang penggunaan wall angle sangat penting untuk memastikan bangunan kuat, kokoh, dan estetis. 

 

Untuk mendapatkan material yang berkualitas, termasuk wall angle, pastikan Anda memilih BLKP untuk pemenuhan kebutuhan material konstruksi Anda. Bagi Anda yang sedang mencari material baja ringan, yuk langsung cek semuanya di website BLKP atau kontak kami dengan klik link ini.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..