desain mid-century modern.jpg

5 HAL YANG WAJIB ANDA TAHU TENTANG DESAIN MID-CENTURY MODERN

 

Ingin desain rumah yang simpel, dinamis namun tetap klasik? Desain mid-century modern menjadi pilihan yang tepat!

 

Mid Century menjadi konsep desain yang menampilkan arsitektur bangunan klasik dan tempo dulu namun tetap memiliki sisi modern yang tidak akan ketinggalan zaman. 

 

Desain ini muncul pada abad pertengahan, tepatnya abad ke-20, antara tahun 1930-1970 an, sebagai bagian dari perubahan pada arsitektur dunia.

 

 

Baca Juga: 11 Negara berikut Memiliki Bangunan dengan Arsitektur Terbaik

 

 

Di mana gaya ini dipercaya menjadi pembuka lahirnya konsep rumah modern yang hingga kini banyak diterapkan para pengembang atau developer bangunan. 

 

Desainnya sendiri tidak rumit dan cenderung terintegrasi pada suasana alam yang teduh. Itu sebabnya, bangunan dengan desain ini lebih banyak menggunakan material alami dan warna-warna kalem, seperti hijau, putih, hinga abu-abu. 

 

Bangunannya selalu tampak dengan ciri khas atap datar, jendela kaca yang besar, konsep dekorasi geometris, furnitur kaca dan tembaga hingga hiasan retro yang klasik yang menambah keindahan interior ruangan. 

 

Nah, untuk Anda yang tertarik menggunakan desain ini pada rumah, berikut beberapa hal yang wajib Anda ketahui soal desain mid-century modern. 

 

Yuk simak sampai habis ya!

 

 

Latar Belakang Perkembangan Mid-Century Modern

 

desain mid-century modern

 

architecturaldigest.com

 

Desain ini bermula dari Amerika Serikat yang berkembang dari desain Bauhaus. Hal ini juga dipengaruhi kondisi tidak stabil akibat perang dunia. 

 

Saat itu, banyak arsitektur dan para ahli bangunan dari Jerman pindah Amerika, seperti Florence Knoll, George Nic serta Arne Jacobsen, termasuk Frank Lloyd Wright yang menjadi arsitek kenamaan yang mengembangkan desain Mid Century. 

 

Pada tahun 1950, desain ini semakin populer, yang kemudian tak hanya soal desain rumah namun merambah pada gaya dekorasi atau furnitur. Hingga menciptakan kombinasi tekstur dan warna yang unik. 

 

 

Karakteristik Desainnya 

 

desain mid-century modern

 

stylebyemilyhenderson.com

 

Rumah Eichler di California yang merupakan desain arsitek Josef Eichler menjadi salah satu rumah dengan desain mid century yang terkenal di dunia. 

 

Berikut Karakteristik Desain Mid Century : 

 

 

Permainan Warna

 

Walau minimalis dengan palet warna netral dan lembut, namun Anda juga menggunakan warna yang berani pada ruangan, seperti merah, pink hingga kuning cerah. 

 

Memang pada umumnya, interior ruangan lebih didominasi elemen kayu yang hangat, namun dengan aplikasi warna cerah, suasana ruangan akan tampak lebih bersemangat.

 

Dengan pilihan warna hijau, olive atau oranye dengan aksen coklat dan abu-abu, ruangan akan lebih menarik perhatian. 


 

Konsep Ruangan Terbuka

 

Ruang yang terbuka tak hanya membuat ruangan lebih luas dan lapang, namun juga sebagai fungsi esensial yakni memberikan sumber cahaya dan sirkulasi udara yang lancar. 

 

Mid century sangat khas dengan ruang terbuka pada interior rumah, karena berkenaan pada estetika dan fungsi ruang. 

 

Tiap ruang akan terlihat namun memiliki fungsi yang berbeda, seperti area ruang keluarga dan ruang makan yang tak perlu dibatasi. Ditambah jendela besar yang memudahkan penghuni memandang keluar dan menikmati udara segar tiap hari. 

 

 

Material Utama : Kayu 

 

desain mid-century modern

 

sothebys.com

 

Kayu menjadi bahan bangunan wajib jika ingin memiliki rumah berkonsep mid century. Itu sebabnya, gaya ini sangat lekat dengan nuansa skandinavian yang minimalis. 

 

Selain pilihan kayu berkualitas tinggi, Anda dapat memadukan dengan material metal, kaca, vinyl dan plywood. Bahan ini juga digunakan untuk material perabotan. 

 

 

Pola Geometris

 

Motif garis geometris juga wajib tampil dalam interior ruangan. Tak hanya sebagai hiasan dinding, namun bisa diaplikasikan pada desain dekorasi dan furnitur, seperti karpet, selimut, taplak meja, sarung bantal dan lainnya. 

 

 

Penggunaan Perabotan Ramping

 

desain mid-century modern

 

archdaily.com

 

Jangan kaget jika dalam rumah berkonsep mid century, Anda akan melihat banyak barang dan furnitur dengan ukuran lebih pendek dan ramping. Seperti, meja dan kursi dengan kaki yang pendek, lounge chair dan sofa dengan ukuran lebih ramping. 

 

Selain itu, desain lampu pada ruangan akan lebih estetik. Tak hanya sebagai sumber cahaya, lampu juga menambah sisi menarik interior ruangan dengan penggunaan table lamp, standing lamp dengan bentuk melengkung yang menambah nilai seni pada ruangan. 

 

 

Desain Bangunan Mid Century

 

Hotel Valley Ho -  Old Town Scottsdale 

 

desain mid-century modern

 

dezeen.com

 


 

Villa Savoye karya Le Corbusier - Paris

 

desain mid-century modern

 

arch2o.com

 

 

Stahl House - Hollywood Hills 

 

desain mid-century modern

 

rostarchitects.com

 

 

Fallingwater - Pennsylvania 

 

desain mid-century modern

 

architecturaldigest.com

 

 

Kesimpulan

 

Perlu diingat jika gaya desain mid-century modern dipengaruhi beberapa hal, dengan garis lekuk organik dan sisi minimalis yang manis dan klasik.

 

Jika ingin menerapkan interior mid-century modern, gunakan bahan alami, dipadu dengan furnitur yang tepat demi menciptakan kenyamanan dan fungsional ruang yang eye catching

 

Anda pastinya harus mempertimbangkan juga penggunaan material berkualitas demi struktur bangunan rumah Anda tetap aman dan nyaman. Gunakanlah baja ringan, produksi terbaik dari BLKP.

 

Produk baja ringan dari BLKP sudah terjamin mutu dan kualitasnya karena sudah berstandar SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta tersertifikasi TKDN 22 – 34981. 

 

Tertarik dengan produk baja ringan dari BLKP? silahkan Hubungi Kami.

 

Semoga ide-ide di atas dapat menginspirasi Anda ya! 

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..