MAU PUNYA DESAIN RUMAH SANTORINI? INI TIPS DAN TRIKNYA

 

Santorini adalah sebuah pulau yang mempesona di Yunani, terkenal dengan pemandangan yang menakjubkan, rumah putih dengan atap biru, dan desain arsitektur yang khas. 

 

Tak ayal, gaya arsitektur Santorini sudah menjadi sumber inspirasi yang populer di dunia, yang ingin membawa suasana Yunani yang unik dalam rumah mereka. 

 

Tertarik dengan desain rumah Santorini? kenali ciri khasnya dan beberapa tips desain rumah ala Santorini yang memikat.


 

Baca Juga: Ini Desain Rumah Unik di Dunia, Apa Saja?




 

Ciri Khas Rumah Ala Santorini 
 

 

Warna Ikonik : Putih dan Biru

 

Ciri khas paling mencolok dari rumah-rumah Santorini adalah warna putih yang cerah dengan atap biru yang mencolok. Warna putih menjadi lambang keanggunan dan kebersihan, sementara warna biru melambangkan langit dan laut. 

 

Gabungan kedua warna ini menciptakan kontras yang menakjubkan dan menambahkan keindahan ala pemandangan Santorini. 

 

Jika ingin mengadopsi desain rumah Santorini, penting untuk mempertimbangkan penggunaan warna putih untuk dinding eksterior dan warna biru untuk atap, pintu, dan jendela.


 

Bentuk Kubus

 

Ciri khas lainnya adalah memiliki bentuk kubus yang sederhana. Dinding lurus dengan sudut-sudut tegas dan garis yang bersih mencerminkan kesederhanaan dan kenyamanan hunian.

 

Desain bentuk kubus memberikan kesan hunian yang modern, elegan dan memberikan pencahayaan alami dengan mudah masuk ke dalam rumah. Anda dapat mempertimbangkan menggunakan bentuk kubus dalam desain rumah Anda untuk menciptakan tampilan yang khas.


 

Teras Rumah 


desain rumah santorini

pinterest.com

 

Satu hal yang menjadi daya tarik besar dalam hunian berkonsep ala Santorini adalah teras-teras dengan pemandangan indah di sekitarnya. Pulau ini terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan, dilengkapi dengan lautan biru yang menawan. 

 

Hadirnya teras yang luas dengan pemandangan yang menakjubkan menjadi salah satu ciri khas penting yang harus dipertimbangkan. Teras dapat digunakan sebagai tempat bersantai, tempat makan, atau bahkan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.


 

Pintu dan Jendela Berwarna Cerah

 

Untuk menambahkan sentuhan estetika Santorini pada rumah Anda, gunakan pintu dan jendela dengan warna cerah yang kontras dengan warna putih dinding. 

 

Warna biru yang sama dengan atap sering dipilih untuk pintu dan jendela, tetapi Anda juga dapat bereksperimen dengan warna lain yang mencerminkan suasana santai dan pemandangan pulau Yunani.


 

Penggunaan Bahan Alam

 

Santorini memiliki lingkungan alam yang indah, dan desain rumah di pulau ini kerap menyatukan elemen alami tersebut. 

 

Salah satu ciri khasnya adalah menggunakan bahan-bahan alam, seperti batu vulkanik lokal, kayu, ubin dan batu alam pada konstruksi dinding dan lantai untuk menciptakan tampilan indah dan tahan lama. Ditambah dengan material kayu pada pintu, jendela, dan furniture rumah. 


 

Jendela dan Pintu yang Besar

 

Ciri khas lainnya adalah ukuran jendela dan pintu yang besar. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan masuknya cahaya alami ke dalam ruangan, serta menciptakan koneksi visual antara interior dan eksterior. 

 

Gunakan jendela dan pintu besar dengan bingkai minimalis untuk memperluas pandangan dan menciptakan suasana terbuka yang nyaman.


 

Curves and Archways


desain rumah santorini

pinterest.com

 

Walaupun rumah-rumah Santorini biasanya didominasi oleh bentuk kubus dengan sudut-sudut tegas, tambahkan juga sentuhan lengkung pada gerbang atau dinding rumah yang menambah keunikan desainnya. 


 

Cat dengan Sentuhan Rustik

 

Selain warna putih dan biru yang khas, Anda juga dapat menambahkan sentuhan rustik pada desain rumah. Gunakan cat bertekstur yang menghadirkan kesan suasana rumah tua atau lebih kuno. 

 

Umumnya diterapkan pada dinding eksterior, pintu, dan furnitur demi suasana yang lebih estetik. 


 

Tanaman dan Hiasan Alam


desain rumah santorini

 

pinterest.com

 

Salah satu ciri khas pulau Santorini adalah keindahan alamnya. Untuk menciptakan suasana yang mirip, Anda dapat membuat taman dengan bunga dan tanaman hijau yang menyegarkan mata. 

 

Pilih tanaman sesuai iklim dan kondisi lingkungan sekitar. Jika tidak punya lahan luas, Anda dapat menggunakan vas bunga atau aksesoris dekoratif yang terinspirasi dari laut dan pantai. 


 

Tips-Tips Desain Rumah Ala Santorini 


desain rumah santorini

pinterest.com

 

a. Cari referensi tentang desain rumah Santorini sesuai kebutuhan dan impian Anda. Perhatikan desain dan detailnya. Tentukan elemen mana yang ingin Anda terapkan dalam rumah Anda.

 

b. Sesuaikan desain dengan lingkungan sekitar. Pertimbangkan konteks geografis dan arsitektur sekitar Anda. Sesuaikan desain dengan iklim dan gaya arsitektur lokal, agar rumah Anda terlihat seimbang dan harmonis dengan sekitarnya.

 

c. Bisa juga menggunakan jaga arsitek atau profesional desain agar memudahkan Anda dalam merancang merancang dan membangun rumah berdesain Santorini yang tepat.

 

d. Perhatikan juga pencahayaan alami dan ventilasi. Pastikan rumah memiliki jendela dan pintu yang cukup besar sehingga tercipta suasana terang dan ceria. 

 

e. Berfokus pada detail dan furniture, walau menonjolkan kesederhanaan namun tetap memberikan nuansa nyaman dan elegan. Pilih furnitur simpel bergaya minimalis dan terapkan warna netral. 

 

f. Perhatikan lanskap dan area outdoor. Desain rumah Santorini akan lebih lengkap dengan penonjolan pada lanskap dan area outdoor. Taman yang indah dan area teras yang luas membantu menghadirkan suasana Santorini yang eksotis. 


 

Kesimpulan

 

Desain rumah Santorini menawarkan keindahan dan keanggunan Yunani yang ikonik. Dengan memperhatikan ciri khasnya, Anda dapat menciptakan rumah dengan suasana Santorini yang memikat.

 

Dengan tips di atas, Anda dapat memulai merencanakan dan membangun rumah dengan desain Santorini yang menakjubkan. Jadikan rumah Anda sebagai tempat yang indah, nyaman, dan menghadirkan suasana yang tenang dan damai setiap hari bagi Anda dan keluarga.

 

Berminat membangun rumah ala Santorini? Pastikan menggunakan bahan bermutu tinggi untuk konstruksinya ya! Perihal bahan bangunan berkualitas, baja ringan dari BLKP pilihannya.

 

Tersedia berbagai produk baja ringan yang tidak perlu lagi Anda ragukan kualitasnya. Semua produk BLKP sudah berstandar SNI, tersertifikasi ISO 9001-2015, sudah teruji lab ketahanan produk sampai 4 tahun garansi warna hingga tersertifikasi TKDN 22 – 34981. 

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..