ESTIMASI HARGA GENTENG METAL 2024 TERBARU

Atap merupakan faktor penting yang memegang peranan krusial pada setiap proyek konstruksi. Saat ini, salah satu jenis atap yang paling populer dan banyak digunakan adalah genteng metal. Terbuat dari campuran baja lapis ringan dan galvanis, genteng metal terkenal kuat dan tahan lama. Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan penggunaan genteng metal untuk proyek konstruksi, BLKP berikan daftar harga genteng metal terbaru 2024 yang bisa Anda jadikan acuan. 

 

Jenis-Jenis Genteng Metal

Sebelum mengetahui detail harga, Anda perlu mengetahui berbagai jenis genteng metal agar tidak salah memilih ketika membelinya, sekaligus disesuaikan dengan pertimbangan kebutuhan, anggaran, dan tampilan yang diinginkan. Berikut berbagai jenis genteng metal di pasaran: 

  1. Genteng metal galvalume steel: terbuat dari campuran zinc, aluminium, dan silikon, tahan terhadap karat dan korosi. Ringan dan tahan lama

  2. Genteng metal spandek: memiliki profil bergelombang, cocok untuk atap dan dinding bangunan komersial dan industri

  3. Genteng metal millenium: inovatif, tahan lama, dan cocok untuk arsitektur kontemporer

  4. Genteng metal stainless steel: terbuat dari stainless steel, tahan terhadap karat, cocok untuk tampilan modern

  5. Genteng metal standing seam: memiliki profil vertikal dengan sambungan tersembunyi, memberikan tampilan modern, tahan air, dan cocok untuk bangunan komersial

  6. Genteng metal pasir: memiliki lapisan butiran pasir yang memberikan tampilan tekstur alami. Tahan lama dan tahan cuaca.

 

Baca juga: Alternatif Menangkal Petir Bagi Pengguna Rangka Atap Baja Ringan

 

Keuntungan Menggunakan Genteng Metal 

Menggunakan genteng metal memiliki sejumlah keuntungan, termasuk:

  1. Tahan Lama: genteng metal biasanya tahan lama dan memiliki masa pakai yang panjang, sering kali berlangsung hingga beberapa dekade

  2. Ringan: genteng metal umumnya lebih ringan daripada genteng beton atau genteng tanah liat, sehingga mengurangi beban pada struktur bangunan

  3. Tahan Karat: sebagian besar genteng metal tahan terhadap korosi dan karat, sehingga tetap tampak baik dalam kondisi cuaca ekstrem

  4. Tampilan Variatif: tersedia dalam berbagai bentuk, warna, dan tekstur, sehingga cocok untuk berbagai jenis bangunan dan gaya arsitektur

  5. Pemasangan Cepat: proses pemasangan genteng metal biasanya lebih cepat daripada genteng tradisional, menghemat biaya tenaga kerja

  6. Tahan Terhadap Api: sebagian besar genteng metal memiliki tingkat tahan api yang tinggi, yang bisa meningkatkan keamanan bangunan

  7. Perawatan Minimal: genteng metal memerlukan perawatan minimal selama masa pakainya, mengurangi biaya jangka panjang

  8. Ramah Lingkungan: banyak genteng metal terbuat dari bahan daur ulang, sehingga lebih ramah lingkungan. Dengan masa pakai yang panjang dan kemampuan daur ulang, genteng metal dapat dianggap sebagai pilihan yang paling sustain dalam lingkungan

  9. Tahan Panas dan Tahan Suara: beberapa genteng metal dilengkapi dengan lapisan isolasi panas dan suara untuk meningkatkan kenyamanan dalam bangunan.



 

Harga Genteng Metal 2024

Harga rata-rata pasaran genteng metal di Indonesia dimulai dari Rp 11.000. Berikut daftar harga genteng metal yang beredar di pasaran. Namun perlu diingat bahwa harga yang tertera dalam artikel ini merupakan estimasi, harga bisa saja berubah, karena karena banyak faktor yang mempengaruhi terutama soal geografis:

 

Harga Genteng / Spandek Warna 0.14 BMT 0.23 TCT Per Meter           Rp 24.500
Harga Genteng / Spandek Warna 0.14 BMT 0.23 TCT Susun 30.0 Rp 11.000 - Rp 35.000
Harga Genteng / Spandek Warna 0.14 BMT 0.23 TCT Susun 38.5 Rp 23.000 - Rp 43.500
Harga Genteng / Spandek Warna 0.16 BMT 0.23 TCT Per Meter Rp 27.000
Harga Genteng / Spandek Warna 0.16 BMT 0.23 TCT Susun 30.0 Rp 12.000 - Rp 38.500
Harga Genteng / Spandek Warna 0.16 BMT 0.23 TCT Susun 38.5 Rp 25.000 - Rp 47.500
Harga Genteng / Spandek Warna 0.25 BMT 0.30 TCT Per Meter Rp 45.000
Harga Genteng / Spandek Warna 0.25 BMT 0.30 TCT Susun 30.0 Rp 20.000 - Rp 64.000
Harga Genteng / Spandek Warna 0.25 BMT 0.30 TCT Susun 38.5 Rp 42.000 - Rp 79.500
Harga Genteng Single Side 0.14 BMT 0.23 TCT Per Meter Rp 22.000
Harga Genteng Single Side 0.14 BMT 0.23 TCT Susun 38.5 Rp 20.800
Harga Genteng Single Side 0.17 BMT 0.23 TCT Per Meter Rp 27.000
Harga Genteng Single Side 0.17 BMT 0.23 TCT Susun 38.5 Rp 24.700

 

Penyebab Harga Genteng Metal Berbeda-Beda

Harga genteng metal dapat bervariasi karena sejumlah faktor. Beberapa penyebab utama perbedaan harga genteng metal termasuk:

 

  1. Bahan Baku: Jenis logam atau campuran bahan dalam genteng metal akan memengaruhi harganya. Sebagai contoh, genteng metal tembaga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan genteng metal yang terbuat dari baja galvalume.

  2. Kualitas dan Ketebalan: Kualitas material dan ketebalan genteng metal dapat berdampak pada harganya. Genteng metal berkualitas tinggi yang lebih tebal biasanya memiliki harga lebih tinggi.

  3. Merek dan Produsen: Merek tertentu atau produsen genteng metal mungkin mengenakan harga yang berbeda berdasarkan reputasi mereka dalam industri. Merek yang lebih terkenal atau terpercaya biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

  4. Proses Produksi: Proses produksi genteng metal, termasuk metode pewarnaan atau perlakuan permukaan khusus, dapat mempengaruhi harga. Proses yang lebih rumit atau berkualitas tinggi mungkin meningkatkan harga.

  5. Ukuran dan Bentuk: Ukuran dan bentuk genteng metal yang Anda pilih juga dapat mempengaruhi harga. Genteng metal dengan ukuran atau bentuk khusus yang tidak umum mungkin memiliki harga yang lebih tinggi.

  6. Daerah dan Pasar: Harga genteng metal dapat berbeda-beda berdasarkan lokasi geografis. Kondisi pasar, termasuk pasokan dan permintaan, dapat memengaruhi harga genteng metal di suatu daerah.

  7. Aksesoris dan Sistem Pemasangan: Aksesoris tambahan seperti penangkal petir atau sistem pemasangan genteng metal yang kompleks juga dapat mempengaruhi harga.

  8. Biaya Pengiriman: Jika genteng metal harus dikirim dari jarak jauh, biaya pengiriman dan logistik dapat mempengaruhi harga akhir.

 

Baca juga: Estimasi Harga Baja Ringan 2023 Terbaru

 

Kesimpulan

Genteng metal adalah pilihan populer dalam proyek konstruksi, terbuat dari berbagai jenis seperti galvalume steel, spandek, millenium, stainless steel, standing seam, dan pasir. Keuntungannya termasuk ketahanan, kekuatan, tampilan variasi, pemasangan cepat, dan keuntungan lingkungan.

 

Harga genteng metal 2024 bisa bervariasi karena faktor seperti jenis material, kualitas, merek, proses produksi, ukuran, lokasi geografis, aksesoris, dan biaya pengiriman. Oleh karena itu, perlu mempertimbangkan dengan hati-hati sebelum memilih genteng metal untuk proyek Anda.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk memasang genteng metal, BLKP menyediakan genteng metal dengan kualitas terbaik dan harga kompetitif. Terbukti dengan diperolehnya berbagai sertifikat dari lembaga  Silahkan hubungi tim kami untuk penjelasan lebih detail dengan klik link ini



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..