kuda-kuda-baja-ringan (2).jpg

KEUNGGULAN KUDA-KUDA BAJA WF: PANDUAN MENGHITUNG PANJANG DAN PROSES PEMASANGAN YANG EFISIEN

Baja WF merupakan singkatan dari baja wide flange, dikenal karena memiliki daya tekan dan tarik yang tinggi. Profil baja ringan ini umumnya digunakan sebagai kuda-kuda bangunan karena memiliki kemampuan menahan tekanan aksial yang sangat baik. Kuda-kuda baja WF memiliki konstruksi yang kompleks, dan terkenal mampu menopang beban besar baik secara vertikal maupun horizontal saat dipasang pada pondasi. Ini memberikan keamanan yang optimal bagi penghuni bangunan.

 

Keunggulan lain dari baja ringan WF adalah bobotnya yang ringan tanpa mengurangi kepadatannya yang tinggi. Selain itu, baja WF memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu tinggi dan tekanan besar, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk rangka kuda-kuda atap bangunan. Profil baja ringan WF sangat ideal sebagai bahan konstruksi kuda-kuda atap.


 

Kelebihan Kuda-Kuda Baja Ringan WF

kuda-kuda baja wf

Sumber: Google

 

Sebagai elemen rangka atap bangunan, kuda-kuda baja ringan WF berfungsi untuk menopang beban dari berbagai sumber seperti air hujan, angin, genteng, reng, dan sebagainya. Keunggulan kuda-kuda ini, yang mudah diaplikasikan dan memiliki bentang panjang, membuatnya ideal untuk digunakan pada gudang, stadion, dan proyek sejenis. Berikut adalah kelebihan kuda-kuda atap baja WF:

 

Memiliki Kekuatan Tinggi

Kuda-kuda baja ringan WF memiliki kekuatan yang sangat tinggi, mampu mengurangi beban dan dimensi struktur secara signifikan. Keunggulan ini sangat berarti, terutama pada bangunan yang terletak di tanah dengan kondisi yang tidak ideal, memastikan kestabilan dan keamanan jangka panjang.

 

Awet dan Homogen

Material profil baja WF menawarkan keawetan dan keseragaman tinggi. Sifat homogen dari baja memastikan bahwa setiap bagian dari kuda-kuda memiliki daya tahan yang seragam, sementara ketahanan terhadap korosi membuatnya sangat cocok untuk penggunaan jangka panjang.

 

Daktilitas Cukup Besar

Keunggulan daktilitas batang baja WF membuatnya ideal untuk struktur dengan bentang panjang seperti stadion. Saat menerima tegangan tarik besar, kuda-kuda baja mengalami regangan yang cukup besar sebelum mencapai batas kerusakan, memberikan tingkat keamanan yang tinggi, terutama dalam menghadapi gempa bumi.


 

Baca juga: Mengenal Fungsi dan Proses Pembuatan Ikatan Angin Pada Konstruksi Baja 

 

Mudah dalam Perhitungan Analisis Struktur

Karakteristik elastis baja memudahkan para kontraktor dan arsitek untuk melakukan perhitungan analisis struktur dengan presisi. Sifat ini memungkinkan perencanaan dan implementasi desain yang lebih efisien dan akurat.

 

Mudah untuk Disambung

Kelebihan kuda-kuda baja WF adalah kemudahan dalam proses penyambungan antar elemen. Metode penyambungan dengan baut atau las memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam perakitan struktur, mempercepat proses konstruksi dan meminimalkan potensi kesalahan.

 

Cepat dan Efisien

Proses penyambungan yang mudah tidak hanya mempercepat pemasangan kuda-kuda baja WF tetapi juga menjadikannya solusi yang efisien secara biaya. Kontraktor dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, mengurangi waktu konstruksi secara keseluruhan, dan mengoptimalkan sumber daya.

 

Cara Menghitung Panjang Profil Baja WF Sebagai Kuda-Kuda Atap

Semakin besar bentang bangunan, ukuran profil baja WF juga harus mengikuti proporsinya. Berikut adalah pedoman umum yang sering digunakan untuk menetapkan dimensi profil baja WF sesuai dengan lebar bentangan:

 

  1. Jika lebar bentangan kurang dari atau sama dengan 15 m, disarankan menggunakan profil baja WF dengan dimensi 150 x 75 x 5 x 7 mm.

  2. Untuk bentangan dengan lebar kurang dari atau sama dengan 20 m, disarankan memilih profil baja WF dengan dimensi 200 x 100 x 5,5 x 8 mm.

  3. Bentangan yang memiliki lebar kurang dari atau sama dengan 30 m sebaiknya menggunakan profil baja WF dengan dimensi 300 x 150 x 6,5 x 9 mm.

  4. Untuk bentangan dengan lebar kurang dari atau sama dengan 40 m, direkomendasikan penggunaan profil baja WF dengan dimensi 400 x 200 x 8 x 13 mm.

 

Pedoman ini membantu dalam memilih dimensi yang tepat untuk profil baja WF, memastikan kekuatan dan stabilitas yang cukup sesuai dengan skala bangunan yang sedang direncanakan.

 

Proses Pemasangan Profil Baja WF Sebagai Kuda-Kuda

Proses pemasangan profil baja WF sebagai kuda-kuda atap dapat dilakukan dengan mudah dan efisien menggunakan metode pengelasan atau penyambungan dengan mur baut. Tahapannya melibatkan persiapan bahan seperti kuda-kuda baja, kaso dari baja ringan, dan reng baja ringan. Berikut adalah langkah-langkah proses pemasangan profil baja ringan WF sebagai kuda-kuda:

 

Pemeriksaan Karat pada Kuda-Kuda Baja WF

Pastikan bahwa kuda-kuda baja WF bebas dari karat dan kotoran sebelum dipasang untuk mencegah masalah di masa mendatang. Rangka baja yang digunakan juga harus bebas dari cacat seperti tekukan atau putaran agar hasil pengerjaan menjadi rapi.

 

Pengukuran Panjang Kuda-Kuda

Ukur panjang kuda-kuda WF dengan benar untuk menentukan panjang potongan material. Pemotongan WF untuk kuda-kuda dilakukan dengan posisi serong, dan perhitungan serongan menggunakan rumus trigonometri.

 

Contohnya:

Kuda-kuda WF yang memiliki dimensi 200 x 100 x 5,5 x 8 mm dengan sudut 28 memiliki panjang berapa?

 

Gunakan rumus berikut:

 

pengukuran panjang kuda-kuda

 

= 200 x tan 28º

= 106,341 millimeters.

 

Pemotongan Bahan

Tandai material WF yang sudah siap dipotong dengan garis putih menggunakan kapur besi atau spidol untuk mencegah kesalahan potong. Perhatikan detail serongan yang tercantum pada gambar untuk keakuratan pemotongan.

 

Setting Plat Lekat KK

Lakukan pemasangan plat lekat secara bertahap pada kedua ujung WF, tidak secara sekaligus. Hal ini untuk memastikan bahwa kedua plat lekat benar-benar sejajar.

 

Setting Voute Baja

Pemasangan voute dapat dilakukan serentak, dan sebelumnya, potonglah WF untuk menyesuaikan panjang dan posisi voute pada plat lekat. 

 

Pemasangan Plat Rib Kuda-Kuda

Setelah voute terpasang, ukur kembali untuk menentukan jarak plat rib kuda-kuda, terutama pada ujung voute dan di antara kedua voute. Ini dilakukan untuk mencegah puntir dan lendut pada kuda-kuda.

 

Pemasangan Sepatu Gording

Sebelum memasang sepatu gording, beri tanda pada setiap titik pasang untuk memastikan pemasangan yang tepat. Penting untuk mengukur jarak sepatu gording dari nok, bukan dari bawah kuda-kuda, untuk memastikan keseragaman dan kelurusan pemasangan gording.

 

Baca juga: Apa Itu Kuda-Kuda Beton? Fungsi dan Keunggulannya

 

Kesimpulan

Kuda-kuda baja wide flange (WF) menyoroti kekuatan tarik dan tekan tinggi yang membuatnya ideal untuk menahan beban atap dari air hujan, angin, genteng, dan reng. Konstruksi kompleks kuda-kuda baja WF menawarkan keamanan optimal dengan kemampuan menopang beban besar secara vertikal dan horizontal.

 

Itulah review tentang kuda baja WF. Semoga tulisan ini dapat memberikan pemahaman yang berguna bagi Anda. Ingatlah untuk memanfaatkan kuda-kuda baja WF (wide flange) yang tahan terhadap rayap, memiliki kekuatan tinggi, daya tahan lama, dan tidak mudah terkena kerusakan akibat lapuk. Selain itu, Anda juga dapat memilih berbagai jenis produk baja ringan dari BLKP untuk konstruksi yang lebih kuat. Apabila tertarik, jangan ragu untuk menghubungi Tim Kami.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..