MENGENAL BAJA RINGAN TASO YANG TERJANGKAU DAN MUDAH DIAPLIKASIKAN

Baja ringan telah menjadi salah satu bahan konstruksi unggulan dalam industri bangunan modern. Kemampuannya untuk menggantikan bahan-bahan konvensional dalam pembangunan rumah, gedung, dan struktur lainnya telah membuatnya semakin populer. Salah satu jenis baja ringan yang banyak dipilih adalah baja ringan taso. Dalam artikel ini, BLKP akan menjelaskan secara lengkap dan ringkas mengenai baja ringan taso, yang terkenal karena harganya yang terjangkau dan mudah dalam proses pengaplikasiannya.

 

Apa itu Baja Ringan Taso?

apa itu taso baja ringan?

Sumber: Google

 

Baja ringan taso merupakan singkatan dari ‘Truss And Steel Oriented’. Baja ringan taso termasuk inovasi terbaru dalam industri konstruksi yang menggabungkan truss (rangka atap) dengan baja struktural berkualitas tinggi. Tujuannya adalah untuk menciptakan struktur bangunan yang kuat, ringan, dan efisien secara biaya. Dengan desain yang terukur dan material yang berkualitas, baja ringan taso dapat digunakan dalam berbagai jenis proyek konstruksi.

 

Terbuat dari bahan atap galvalum yang berlapis unsur karbon, alumunium, dan zinc, membuat baja ringan taso memiliki kemampuan tahan terhadap korosi, ringan, kuat, tahan lama, dan memiliki banyak manfaat lainnya dibandingkan dengan menggunakan material kayu.

 

Baca juga: Jangan Salah! Ini Cara Pilih Merk Bondek Baja Ringan Terbaik

 

Jenis-Jenis Baja Ringan Taso

Baja ringan taso (truss and steel oriented) adalah jenis baja ringan yang memiliki desain terstruktur dan aplikasi yang beragam. Berikut beberapa jenis-jenis baja ringan taso yang umum digunakan dalam berbagai proyek konstruksi:

 

Baja Ringan Taso Model Reng

Sumber: Google

 

Baja ringan taso model reng memiliki bentuk menyerupai huruf "A". Fungsinya adalah sebagai balok pendukung kecil yang ditempatkan untuk menopang genteng pada rangka atap baja. Baja ringan taso jenis reng digunakan untuk menghubungkan dan mengikat kuda-kuda dan gording yang terletak secara horizontal di atas kuda-kuda tersebut. Hal ini membantu membentuk rangka atap lebih stabil dan tahan lama.

 

Memiliki profil paling kecil dengan ukuran yang kompak. Baja ringan taso model reng berfungsi untuk menopang genteng dan juga untuk mengatur jarak antara setiap baris genteng agar tata letaknya lebih teratur dan presisi.


 

Baja Ringan Taso Model Truss

Sumber: Google

 

Baja ringan taso model truss memiliki bentuk ‘C’ atau ‘canal’ yang biasa juga disebut truss. Bentuk ini digunakan sebagai penyusun konstruksi pembuatan rangka atap rumah atau gedung.

 

Salah satu keunggulan baja ringan taso model truss yakni dapat dirakit dengan cepat dan efisien. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan dua batang baja ringan yang berhadapan dan dapat disatukan menjadi bentuk kotak. Proses ini memperkuat kekokohan rangka secara keseluruhan.

 

Bentuk baja ringan taso model truss sebenarnya merupakan bentuk asli yang sudah digunakan sejak lama. Bentuk ini juga telah diterapkan pada baja konvensional sebelum ada perkembangan baja ringan, dan hingga saat ini bentuk ini masih tetap digunakan.

 

 

Keunggulan Baja Ringan Taso

Baja ringan Taso memiliki keunikan yang membedakannya dari bahan bangunan lainnya. Pemahaman yang lebih mendalam tentang karakteristiknya menjadi kunci untuk memaksimalkan manfaatnya. Berikut keunggulan baja ringan taso dari beberapa aspek yang perlu dipahami:


 

Desain yang Disesuaikan untuk Kebutuhan Konstruksi Beragam

Setiap varian baja ringan taso dirancang dengan tujuan spesifik, sesuai dengan kebutuhan konstruksi yang berbeda-beda. Keunggulan utamanya terletak pada kemampuannya untuk menyediakan struktur yang kuat, sambil tetap ringan dan ekonomis. Pemilihan jenis baja ringan taso harus disesuaikan dengan jenis proyek, beban yang akan ditanggung, serta desain dan spesifikasi yang dibutuhkan.


 

Kekuatan Tanpa Penyusutan atau Pemuaian yang Signifikan

Baja ringan taso unggul  karena kekuatan dan ketahanannya terhadap perubahan cuaca. Ketika bahan bangunan lain cenderung mengalami pemuaian atau penyusutan akibat perubahan cuaca ekstrim, baik itu musim kemarau yang ekstrim ataupun musim hujan dengan intensitas tinggi, struktur baja ringan tetap kokoh tanpa mengalami perubahan dimensi yang signifikan.


 

Perlindungan Terhadap Karat

Salah satu kelebihan utama baja ringan taso adalah ketahanannya terhadap korosi. Bahan utamanya ialah galvalum yang mengandung lapisan anti karat dan terbuat dari campuran zinc, karbon, dan alumunium. Hal ini membuat baja ringan taso sangat cocok untuk digunakan di area yang terpapar panas dan hujan intensitas tinggi, seperti garasi dengan carport, tanpa memerlukan perawatan rutin yang intensif.

 

Kemudahan dalam Pemasangan

Daya tarik utama dari baja ringan taso adalah kemudahan dalam pemasangannya. Desain yang terstruktur dengan baik memungkinkan pemasangan yang cepat dan efisien tanpa memerlukan mesin las. Bobotnya yang ringan juga memungkinkan penghematan tenaga kerja dan waktu, sehingga meminimalkan biaya pemasangan secara keseluruhan.

 

Efisiensi Biaya dan Perawatan

Selain memiliki harga yang terjangkau, pemasangan baja ringan taso juga lebih ekonomis karena membutuhkan waktu yang lebih singkat karena memanfaatkan baut-baut khusus. Dari segi perawatan, baja ringan taso tidak memerlukan perawatan tambahan, kemungkinan rusaknya sangat kecil, dan cenderung memiliki umur pakai yang lebih panjang daripada bahan bangunan lainnya. Sehingga mempengaruhi penghematan biaya jangka panjang pada kualitas konstruksi.

 

Fleksibilitas Desain

Dengan menggunakan baja ringan taso, arsitek memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam merancang bentuk dan tampilan bangunan tanpa khawatir soal tingkat keamanannya dan daya beban yang dapat ditampungnya. Baja Ringan taso dapat diadaptasi untuk berbagai gaya arsitektur dan kebutuhan desain.

 

Ramah Lingkungan

Baja ringan taso umumnya dapat mengurangi limbah dan dalam produksinya menggunakan bahan daur ulang. Dikutip dari Institute of Scrap Recycling Industries (ISRI), baja ringan menjadi salah satu material yang dapat didaur ulang. Proses daur ulang baja juga mengurangi penggunaan energi sebesar 60% dan emisi CO2 sebanyak 58%. 

 

Hal inilah yang membuat baja ringan menjadi salah satu pilihan material yang sangat dianjurkan untuk digunakan dalam pembangunan sebuah konstruksi karena tidak hanya memperhatikan kebutuhan saat ini, tetapi juga berguna bagi lingkungan dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.


 

Tahan Terhadap Api dan Rayap

Ketika berbicara tentang keamanan, struktur baja ringan taso menjadi pertimbangan utama dalam mencegah kebakaran rumah. Sifatnya yang non-combustible tidak hanya mencegah penyebaran api, tetapi juga menghindari kemungkinan api menjalar ke area lain. Selain itu, ketahanan terhadap rayap juga menjadi keunggulan tersendiri. Berbeda dengan kayu yang rentan terhadap serangan rayap, baja ringan taso dengan lapisan galvalumnya menjadi tidak mengundang bagi serangga ini.

 

Daktilitas yang Optimal

Baja ringan taso menampilkan kemampuan daktilitas yang sangat baik. Daktilitas sendiri merujuk pada kemampuan material untuk meregang sebelum akhirnya putus. Sifat ini memberikan keamanan tambahan dalam menahan beban berat tanpa risiko keruntuhan. Berbeda dengan baja konvensional yang rentan hancur jika diberi beban kejut. Kelebihan ini menjadikan baja ringan taso lebih lentur dan fleksibel, cenderung membengkok daripada patah di bawah tekanan struktural.

 

Fleksibilitas Desain yang Luar Biasa

Baja ringan taso memberikan arsitek kebebasan yang lebih luas dalam merancang bentuk dan estetika bangunan tanpa harus khawatir tentang keamanan dan kapasitas beban. Kemampuannya untuk diadaptasi dalam berbagai gaya arsitektur dan kebutuhan desain membuatnya menjadi pilihan yang sangat dihargai.

 

Ramah Lingkungan

Penggunaan baja ringan taso tidak hanya menghasilkan bangunan yang tangguh, tetapi juga ramah lingkungan. Bahan ini umumnya menggunakan material daur ulang dalam proses produksinya, yang secara signifikan mengurangi limbah. Selain itu, proses daur ulang baja mengurangi konsumsi energi dan emisi CO2 secara substansial, menurut Institute of Scrap Recycling Industries (ISRI). Ini menandakan bahwa penggunaan baja ringan tidak hanya memperhatikan kebutuhan saat ini, tetapi juga memperhatikan kesejahteraan lingkungan dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.

 

Baca juga: Kenali Perbedaan Besi dan Baja: Panduan Lengkap Sebelum Menggunakannya

 

Kesimpulan

Baja ringan taso adalah solusi komprehensif untuk kebutuhan konstruksi sebuah bangunan, dengan keunggulan pada aspek keamanan, serta kemampuan daktilitas yang optimal. Baja ringan taso tidak hanya memenuhi kebutuhan konstruksi saat ini, tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan untuk masa depan.

 

Tertarik untuk menggunakan baja ringan taso untuk memenuhi kebutuhan konstruksi Anda? Anda bisa dengan mudah menemukan baja ringan taso hanya di BLKP. Terjamin kokoh dengan perolehan sertifikasi SNI, ISO, dan IQNET. Klik di sini untuk menghubungi Tim BLKP. Semoga artikel ini bermanfaat.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..