Desain Interior Zen.jpg

MENGENAL DESAIN INTERIOR ZEN, HARMONISASI ALAM DI HUNIAN

Ingin mendapatkan suasana tenang, damai dan harmoni dalam hunian? Pilih konsep desain interior Zen.

 

Desain Zen menjadi cara terbaik menciptakan harmonisasi alam dan kedamaian dalam rumah Anda. Konsep Zen menempatkan dengan kuat fitur tiap ruang dengan warna dan dekorasi yang sederhana, namun nyaman, rapi tapi tidak ketinggalan zaman.

 

Baca Juga: Ini Dia Cara Membuat Desain Interior Rumah Minimalis

 

 

Menempatkan elemen penting di atas keestetikan ruangan, membuat konsep desain yang satu ini memiliki makna dalam daripada sekedar menempatkan furniture dengan rapi dan membuat penghuni nyaman.

 

Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan jika disesuaikan dengan ciri khasnya. 

 

Jadi apa sebenarnya desain Zen? Yuk kita bahas lebih lanjut! 

 

 

Mengenal Desain Zen

 

Desain Interior Zen

 

twitter.com

 

Zen adalah salah satu aliran Buddha Mahayana. Berasal dari Bahasa Jepang dari kata Chan. Chan adalah Bahasa Pali “Jhana” atau dalam Bahasa Sansekerta yakni Dhyana. 

 

Jika dikutip dari kamus Merriam Webster, Zen merupakan sekte Buddhisme Mahayana Jepang dengan tujuan mencapai pencerahan dengan intuisi langsung lewat meditasi.

 

Di Jepang sendiri, Mahayana adalah salah satu kelompok besar dari agama Buddha yang memadukan unsur seni dan budaya setempat.

 

Secara umum, Zen bermakna sebuah kondisi batin yang berpusat pada meditasi.

 

Ajaran Zen merupakan seni menjalani hidup dengan dekat dan bersinergi lebih pada alam. Zen bisa menjadi bagian dari pencarian makna kehidupan untuk meningkatkan keseimbangan hidup dari keselarasaan yang menyatu dengan alam.

 

Seiring berkembangnya zaman, Zen kemudian banyak diterapkan dalam seni dan desain rumah. Di mana, hunian menjadi lambang keseimbangan, harmoni, dan ketenangan. 

 

 

Ciri Khas Desain Interior Zen

 

Desain Interior Zen

 

modernhouse.co

 

Berikut beberapa karakteristik yang perlu Anda perhatikan jika ingin menerapkan desain interior Zen pada hunian. 

 

 

Penggunaan Warna 

Warna natural jelas menjadi ciri khas konsep desain ini. Tampilan warna putih, abu-abu, krem merah muda hingga hijau menjadi warna populer yang sering diaplikasikan dalam pendekatan desain interior zen.

 

Warna-warna dengan kekuatan menciptakan relaksasi dan ketenangan dalam ruangan menjadi hal utama sebagai salah satu syarat dalam konsep ini. 

 

 

Furniture

Konsep Zen selanjutnya adalah lebih mengutamakan esensi material pada perabotan daripada keindahan atau desain semata. Sebagian besar furnitur dan peralatan untuk hunian gaya zen mengutamakan sisi minimalis dan tidak begitu rumit untuk ditempatkan.

 

Seperti pada bagian meja atau kursi, bisa saja hanya berbentuk sederhana tanpa adanya ornamen. Akan tetapi, material yang digunakan berasal dari jenis kayu berkualitas dengan motif-motif serat yang khas dan menimbulkan keindahan pada perabotan. 

 

 

Pencahayaan

 

Desain Interior Zen

 

sebastianposingis.photoshelter.com

 

Terlalu banyak menggunakan lampu dan sumber cahaya lainnya adalah hal tabu dengan filosofi Zen. Karenanya, gunakan saja cahaya alami yang memberikan penerangan pada interior Anda.

 

Lebih baik memiliki banyak jendela, dan pintu kaca dengan tirai transparan yang mempercantik ruangan tanpa menghalangi masuknya cahaya dan sirkulasi dari luar. 

 

Untuk lampu di malam hari, gunakan lampu nuansa warm light yang menghadirkan suasana tenang dan relaksasi. Anda tetap bisa menambahkan lampu warna lain dengan intensitas cahaya yang diperlukan sesuai fungsi ruangan. 

 

 

Tanaman 

 

Desain Interior Zen

 

connect.buildnext.in

 

Jangan lupakan karakteristik yang satu ini. Jika hunian cenderung simpel, untuk bagian eksterior rumah lebih baik lebih semarak dengan hiasan tanaman hijau yang menyegarkan.

 

Tanaman hijau yang Anda tampilkan bisa berupa semak belukar atau tanaman hias. Beberapa tanaman yang bisa menjadi pilihan untuk desain interior zen biasanya adalah tanaman yang mudah ditanam dan dirawat, diantaranya bonsai, bambu, dan tanaman hias lainnya.

 

Kehadiran tanaman-tanaman tersebut akan menambah nuansa ketenangan.

 

 

Material

Material yang digunakan biasanya adalah material alami, diantaranya kayu, rotan, atau bambu. Anda juga dapat menggunakan jenis kayu berkualitas tinggi, sepertinya kayu jati atau mahoni. 

 

Material kayu juga dapat diterapkan pada bagian lantai. Sehingga alternatif pengganti kayu, Anda dapat memakai vinyl. Jangan gunakan material logam, marmer, atau keramik, karena akan menghilangkan konsep zen dalam desain rumah Anda. 

 

 

Kesimpulan 

 

Konsep desain interior Zen pada hunian selalu menampilkan ketenangan dan keheningan. Jika Anda ingin memiliki rumah yang bernunasa alam dan merasa teduh di dalamnya, konsep desain ini bisa menjadi pilihan terbaik. 

 

Walau tampak sederhana, rumah desain Zen terkenal menggunakan material terbaik demi struktur bangunan yang kokoh. Salah satunya adalah material baja ringan yang terbukti kualitas dan mutunya untuk hunian Anda. 

 

BLKP selalu menghadirkan produk baja ringan bermutu tinggi dengan standarisasi SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta sudah tersertifikasi TKDN 22 - 34981.  



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..