ESTIMASI BIAYA RENOVASI RANGKA ATAP BAJA RINGAN, INI YANG PERLU DIPERHATIKAN!

Merenovasi atap menjadi suatu kebutuhan mendesak untuk mencegah kerusakan bangunan lebih lanjut. Renovasi atap merupakan upaya dalam menjaga sisi fungsionalitas, terutama soal kenyamanan dan keamanan dari suatu bangunan. Rangka atap sendiri memiliki peran krusial sebagai elemen utama yang memberikan perlindungan maksimal dari cuaca ekstrem. Mulai dari hujan deras, angin kencang, hingga teriknya sinar matahari.

 

Bukan hanya itu, terkadang renovasi atap rumah juga diperlukan untuk memperbarui tampilan estetika bangunan. Jika rumah Anda saat ini masih menggunakan rangka atap kayu dengan genteng tanah liat yang berat, saatnya untuk mempertimbangkan renovasi atap dan beralih ke rangka atap baja ringan.

 

Rangka atap kayu berkualitas dengan pemasangan yang presisi biasanya hanya bertahan hingga 15-20 tahun masa pakai, sedangkan untuk kayu kelas 3, batasnya hanya 10 tahun. Menariknya, penggunaan material atap baja ringan dapat memperpanjang usia atap rumah hingga paling cepat 25 tahun atau bahkan mencapai 50 tahun.

 

Apakah Anda berminat untuk melakukan renovasi atap rumah dengan baja ringan? Sebelum memulai, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk memastikan keputusan ini sesuai dengan kebutuhan dan harapan Anda.

 

Baca juga: Perbandingan Harga Kayu dan Baja Ringan
 

Keunggulan Atap Baja Ringan untuk Rumah Anda

keunggulan atap baja ringan - renovasi adalah

Sumber: Google

 

Dalam proses renovasi rangka atap, atap baja ringan dianggap menjadi opsi terbaik. Berikut keunggulan-keunggulan rangka atap baja ringan untuk membantu Anda membuat keputusan terkait renovasi rangka atap baja ringan:

 

Lebih Kuat dan Lebih Awet

Baja ringan unggul dalam masa pakai, bertahan hingga 50 tahun, melebihi usia kayu yang hanya dapat bertahan maksimal 25 tahun. Meskipun memiliki bobot ringan, baja ringan mampu menahan beban berat, memberi Anda fleksibilitas dalam memilih berbagai varian material atap tanpa khawatir akan beban berlebih dari rangkanya sendiri. Daya tahan terhadap karat, kekebalan terhadap serangan rayap, serta ketahanan terhadap lapuk atau keropos, semakin mengukuhkan kekuatan atap baja ringan.

 

Efisiensi Harga Yang Lebih Baik Untuk Jangka Panjang

Baja ringan tidak hanya unggul dalam kualitas, tetapi juga dalam aspek harga. Saat ini, harga baja ringan bahkan lebih terjangkau dibandingkan kayu. Kesulitan mendapatkan material kayu berkualitas, terutama di daerah perkotaan, membuat baja ringan menjadi alternatif yang lebih ekonomis. Stabilitas produksi baja ringan menjaga harga tetap stabil, tidak mengalami fluktuasi seperti kayu di pasaran konstruksi nasional. Dengan harga yang terjangkau, masa pakai yang panjang, dan kebutuhan perawatan yang minimal, atap baja ringan menawarkan nilai investasi yang sangat menguntungkan.

 

Lebih Aman, Lebih Nyaman 

Selain kekuatan dan ketahanan, keamanan juga menjadi keunggulan utama atap baja ringan. Material ini tahan terhadap api, mengurangi risiko terhadap berbagai bencana seperti angin kencang, gempa, dan kebakaran. Dengan atap baja ringan, Anda tidak hanya mendapatkan keamanan struktural, tetapi juga kenyamanan pikiran karena risiko potensial berkurang secara signifikan.

 

Tahan Karat

Baja ringan hadir dengan perlindungan ekstra melalui lapisan seng dan alumunium, menjadikannya tahan terhadap korosi serta bebas risiko karat. Aspek ini menjadi sangat krusial terutama ketika atap rumah terus-menerus terpapar cuaca ekstrem. Kelebihan ini memberikan kepastian atas ketahanan dan keawetan atap, menjadikannya pilihan yang efektif dan ekonomis dalam jangka panjang.


 

Mudah Dipasang

Banyak yang mengapresiasi kemudahan dalam pemasangan baja ringan. Bobotnya yang ringan memberikan kemudahan dalam proses instalasi. Kemampuan ini bukan hanya menghemat waktu tetapi juga biaya. Dengan proses instalasi yang efisien, baja ringan menjadi opsi yang menguntungkan bagi mereka yang menginginkan hasil renovasi atap yang efektif dan bermutu.

 

Ramah Lingkungan

Bagi mereka yang peduli terhadap dampak lingkungan, baja ringan adalah pilihan yang sesuai. Kemampuannya untuk didaur ulang setelah masa pakai mencerminkan kesadaran akan tanggung jawab terhadap lingkungan. Dengan memilih baja ringan, bukan hanya mendapatkan keunggulan struktural, tetapi juga berkontribusi pada pengurangan limbah konstruksi. Dalam konteks ini, bobot ringan juga berdampak pada efisiensi pengiriman dan transportasi secara keseluruhan, mendukung prinsip keselarasan dengan lingkungan.

 

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Renovasi Atap Baja Ringan

Renovasi Atap Baja Ringan - renovasi adalah

Sumber: Google

 

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan renovasi atap ataupun rangka baja ringan:

 

Renovasi Saat Musim Kemarau

Pilih waktu yang tepat dengan memulai renovasi saat musim kemarau untuk menghindari risiko dampak cuaca. Meskipun pemasangan rangka atap baja ringan cepat, ketelitian tetap diperlukan untuk mencegah kerusakan plafon dan cat rumah akibat hujan yang bisa membengkakkan biaya renovasi.

 

Tentukan Konsep Desain Secara Jelas

Langkah krusial sebelum merenovasi adalah menentukan konsep desain yang diinginkan. Apakah tampilan yang diinginkan lebih modern, klasik, atau bergaya minimalis? Pemilihan konsep desain ini akan menjadi panduan utama dalam setiap keputusan selama proses renovasi atap rumah.

 

Renovasi Bertahap untuk Manajemen Anggaran

Renovasi atap sebaiknya dilakukan secara bertahap dengan perencanaan matang. Pendekatan ini memungkinkan manajemen anggaran yang lebih baik dan fleksibilitas mengatasi perubahan atau tambahan yang mungkin muncul. Selain itu, memungkinkan Anda tetap tinggal di dalam rumah tanpa harus mengungsi penuh, menjaga kenyamanan sehari-hari keluarga.

 

Perencanaan Anggaran yang Matang

Pastikan perencanaan anggaran yang matang setelah memastikan renovasi dilakukan saat musim kemarau. Anggaran harus mencakup semua elemen, termasuk pembelian material baja ringan, biaya pembongkaran, pemasangan, hingga total durasi pekerjaan.
 

 

Prioritaskan Renovasi dan Antisipasi Tak Terduga

Dalam situasi waktu dan anggaran terbatas, tetapkan prioritas renovasi dengan mempertimbangkan apakah harus membongkar rangka, mengganti material atap, atau mempertimbangkan material atap lama yang rusak. Selain itu, persiapkan diri untuk hal-hal tak terduga seperti kerusakan material lama dan risiko lainnya.

 

Pemilihan Material Berkualitas

Keberhasilan renovasi atap sangat bergantung pada pemilihan material. Pilihlah material dengan kualitas tinggi dan daya tahan yang baik, seperti baja ringan yang tahan korosi dan mampu memberikan perlindungan maksimal. Material berkualitas adalah investasi jangka panjang yang menjamin keberlanjutan dan daya tahan atap rumah dalam jangka panjang.

 

Estimasi Biaya Renovasi Rangka Atap Baja Ringan

Biaya seringkali menjadi faktor pertimbangan utama seseorang ketika memilih material bangunan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kisaran biaya renovasi atap rumah ganti baja ringan agar bisa disesuaikan dengan anggaran.

 

Kriteria

  1. Jumlah : 1 unit

  2. Luas : 69 meter persegi

  3. Jarak rangka : 1,2 meter

  4. Rangka utama : chord


 

Harga

  1. Truss BLKP

  2. Rangka utama (Truss C75)

  3. Web (Truss C75 dan Reng 30)

  4. Dilengkapi screw profit dan dynabolt

  5. Material truss blkp dilapisi zincalume

 

Total Harga = Rp 7.935.000 / Rp 115.000 / meter perseg


 

Detail Pembelian Genteng

estimasi biaya atap baja ringan

Sumber: Google

 

Dengan total biaya untuk atap sekitar 15 juta rupiah, yang terdiri dari 8 juta rupiah untuk material dan jasa pemasangan baja ringan, serta 7 juta rupiah untuk pembelian genteng, biaya ini belum termasuk biaya lain seperti baut untuk knok samping, lisplang, semen pasir, dan batu bata untuk ban banan, cat waterproofing, kasa/serabut, serta karpet. Biaya tambahan lainnya untuk tukang yang melakukan pekerjaan bongkar rangka kayu dan pasang genteng.

 

Estimasi biaya yang mencakup hal lain dan jasa tukang berkisar antara 18 hingga 19 juta rupiah. Diketahui bahwa durasi pengerjaan proyek ini memakan waktu sekitar 7-10 hari, dimulai dari proses bongkar rangka hingga pasang genteng secara menyeluruh, termasuk tahap penyelesaian seperti proses waterproofing.

 

Baca juga: Kenalan dengan Berbagai Macam Jenis Baja Ringan, dan Fungsinya

 

Kesimpulan

Itulah pentingnya merenovasi atap baja ringan sebagai upaya mencegah kerusakan lebih lanjut ataupun meningkatkan estetika bangunan. Dengan fokus pada keunggulan atap baja ringan, seperti kekuatan, daya tahan, dan efisiensi harga.

 

Untuk Anda yang tengah mencari produk baja ringan jangan lupa BLKP yang sudah terjamin kualitasnya karena sudah berstandar SNI dan ISO. Selain itu, baja ringan yang diproduksi oleh BLKP lebih kokoh dan tahan lama terhadap berbagai perubahan cuaca ekstrem yang sering terjadi di Indonesia. Tapi jika Anda masih bimbang dan ingin bertanya? Jangan ragu untuk menghubungi Tim BLKP.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..