MAU BANGUN RUMAH 100 JUTA? INI TIPS DAN DESAIN PILIHAN

Hallo Sobat BLKP!

 

Memiliki rumah menjadi impian bagi banyak orang. Mahalnya biaya membangun rumah dan harga tanah menjadi kendala terbesar saat ini. Menyediakan anggaran dari jauh-jauh hari merupakan salah satu opsi terbaik dan perlu untuk dicoba. Apakah Anda juga termasuk yang ingin memiliki rumah sendiri dengan anggaran hanya berkisar 100 juta-an? Meskipun terdengar sulit, hal ini bukanlah impian yang mustahil. 

 

Dalam artikel ini, BLKP akan memberikan tips dan desain dari tipe-tipe rumah agar Anda memiliki bayangan untuk merencanakan secara jelas rumah impian tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. 

 

Tips Membangun Rumah Biaya 100 juta

Berikut tips dan informasi yang lebih lengkap untuk membantu Anda membangun rumah dengan budget 100 juta:

 

Bangun Rumah 100 Juta

Sumber: Pinterest

 

Rencana Yang Matang

Pertama-tama, Anda perlu merencanakan rumah dengan matang. Pilih desain dan ukuran rumah yang sesuai dengan anggaran Anda. Salah satu pilihan yang populer adalah rumah tipe 36 minimalis. Pastikan rumah memiliki ruang keluarga, ruang tidur, kamar mandi, dan dapur yang memadai. Anda dapat memodifikasi desain tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Atur Pengeluaran

Membangun rumah dengan anggaran 100 juta memerlukan perencanaan anggaran yang cermat. Hitung biaya secara teliti, termasuk biaya desain, volume pekerjaan, dan biaya bahan bangunan. Pertimbangkan juga harga pasar dan pastikan perhitungan Anda akurat. Biaya material seperti bata, pondasi, pasir, semen, paku, genteng, dan lainnya harus dimasukkan dalam anggaran.

 

Beli Bahan Berkualitas Dengan Harga Yang Pas 

Penting untuk memilih material bangunan yang berkualitas tanpa menguras anggaran. Carilah pemasok yang terpercaya dan berpengalaman dalam bidangnya. Selalu teliti saat membeli material, dan jika perlu, mintalah saran dari penjual agar Anda mendapatkan bahan yang sesuai dengan proyek Anda.

 

Kerjasama dengan Para Kuli dan Mandor

Pilihan tenaga kerja yang tepat sangat berpengaruh pada kesuksesan proyek. Pastikan Anda bekerja dengan tukang, mandor, atau aplikator yang bertanggung jawab, berdisiplin, dan berpengalaman. Kesepakatan yang jelas tentang jam kerja, pembayaran, dan sistem bayaran (harian atau borongan) sangat penting agar proyek berjalan lancar.

 

Pemilihan Lokasi

Lokasi rumah memainkan peran penting dalam menentukan biaya total. Pilih lokasi yang sesuai dengan anggaran Anda. Jika Anda membangun di lahan kosong, perhatikan biaya tambahan seperti infrastruktur dan fasilitas yang mungkin diperlukan. Selalu pertimbangkan juga aspek keamanan dan aksesibilitas.

 

Waktu Pembangunan 

Pilih waktu yang tepat untuk memulai proyek pembangunan. Cuaca dan musim berperan penting di sini. Membangun selama musim kemarau lebih disarankan daripada saat hujan, karena ini dapat menghindari penundaan dan biaya tambahan akibat cuaca buruk.

 

Baca juga: Intip Konsep dan Desain Rumah Kontemporer yang Bisa Dicontek! 

 

Inspirasi Desain Rumah Biaya 100 juta

Berikut adalah beberapa inspirasi desain rumah minimalis dengan budget 100 juta yang dapat Anda pertimbangkan.


 

Rumah Kontainer Minimalis

bangun rumah 100 juta

Sumber: Oeco Garden Rooms

 

Rumah kontemporer adalah pilihan yang menarik untuk gaya modern yang sederhana. Desain sederhana dengan garis-garis bersih dan tampilan minimalis adalah ciri utama rumah ini. Anda dapat menghemat biaya dengan memilih material bangunan yang terjangkau seperti bata merah lokal dan finishing yang sederhana.

 

Simple Farmhouse

 

bangun rumah 100 juta

Sumber: HGTV

 

Rumah bergaya farmhouse yang sederhana menyuguhkan sentuhan pedesaan yang hangat. Kayu merupakan bahan yang paling sering digunakan, baik untuk lantai maupun plafon. Hal ini menciptakan tampilan yang nyaman, sederhana, dan ramah di kantong.

 

Minimalis Barn House

bangun rumah 100 juta

Sumber: behance

 

Rumah minimalis bergaya gudang atau barn house menawarkan desain yang unik dengan atap tinggi dan ruang terbuka. Menggunakan material ekonomis seperti kayu lapis untuk lantai dan finishing minimalis membantu mengendalikan biaya pembangunan. Penggunaan material logam mampu memberikan tampilan yang unik dan menarik. Anda dapat mengoptimalkan tata letak ruang agar efisien dan memanfaatkan cahaya alami.


 

Cottage Yang Unik

bangun rumah 100 juta

Sumber: Home Hacks

 

Gaya rumah cottage menawarkan rumah yang nyaman dan hangat. Anda bisa menggunakan kayu sebagai bahan utama dengan finishing yang sederhana. Pintu dan jendela bergaya cottage adalah tambahan yang indah yang memberikan nuansa pedesaan yang unik.

 

Rumah Tipe 30

rumah tipe 30 minimalis biaya 100 juta

Sumber: Google

 

Rumah tipe 30 adalah solusi hemat ruang yang efisien. Dengan perencanaan yang matang dan pemilihan material yang ekonomis, Anda dapat memaksimalkan penggunaan lahan yang terbatas. Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda menginginkan rumah minimalis yang nyaman dengan anggaran terbatas.

 

Rumah 2 Lantai Tipe 30

rumah 2 lantai tipe 30 inspirasi desain rumah 100 juta

Sumber: Google

 

Jika Anda memiliki lahan terbatas, rumah tipe 30 dengan 2 lantai adalah alternatif yang baik. Dengan pemilihan material yang ekonomis dan desain yang efisien, Anda dapat memanfaatkan ruang tanah yang terbatas secara vertikal.

 

Rumah Bergaya Industrial

Rumah bergaya industrial menawarkan tampilan yang unik dengan penggunaan beton ekspos dan material kasar lainnya. Dengan pemilihan material yang bijak dan finishing yang sederhana, Anda dapat membangun rumah dengan nuansa industri tanpa melebihi anggaran.

 

Rincian Perhitungan Biaya Membangun Rumah Rp 100 Juta

Setelah meninjau desain rumah, langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan biaya untuk membangun rumah dengan anggaran sekitar Rp100 juta. Dalam rangka memudahkan Anda, berikut adalah rincian biaya yang bisa dijadikan referensi terbaik:

 

Tanah 50 Meter Persegi Rp 65.000.000
Perhitungan Biaya Pondasi Rp 6.500.000
Biaya Material Bata Rp 7.000.000
Pembelian Material Semen Rp 6.000.000
Biaya Material Pasir Rp 5.000.000
Biaya Material Kerikil Rp 500.000
Biaya Material Paku Rp 1.000.000
Biaya Pembuatan Atap Rp 7.500.000
Biaya Pintu PVC Rp 6.000.000
Biaya Pembuatan Kusen Pintu Rp 2.000.000
Biaya Jendela & Kusen Jendela    Rp 1.000.000
Total Estimasi Biaya Rp 100.000.000

 

Baca juga: Tips & Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Kamar Terbaru 2023

 

Kesimpulan

Membangun rumah dengan anggaran sekitar Rp100 juta bukanlah impian yang mustahil. Dengan perencanaan matang, pemilihan material yang bijak, dan kolaborasi yang baik dengan para pekerja, Anda dapat mewujudkan rumah impian tanpa melebihi anggaran. 

 

Dengan tips dan inspirasi desain yang telah disajikan, Anda dapat menghadirkan rumah minimalis yang nyaman dan indah dengan anggaran yang terjangkau. Gunakan selalu bahan konstruksi terbaik seperti baja ringan dari BLKP, untuk menambah kualitas hunian terbaik untuk Anda dan keluarga tercinta. 

 

BLKP sebagai produsen baja ringan berskala Nasional, siap membantu Anda dengan menawarkan produk baja ringan yang sudah terjamin kualitasnya, karena sudah ber-SNI dan tersertifikasi ISO 9001-2015.

 

Semoga artikel ini memberikan panduan yang berguna dalam mewujudkan impian Anda memiliki rumah sendiri. Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Segera untuk hubungi kami.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..