CARA PASANG TRUSS BAJA RINGAN SEBAGAI STRUKTUR MATERIAL KONSTRUKSI BANGUNAN

Baja ringan memiliki beberapa jenis, tetapi yang paling umum digunakan dalam pembangunan adalah truss dan reng. Truss,dikenal sebagai canal C, berperan sebagai struktur penyangga utama dalam konstruksi bangunan. Dibandingkan dengan kayu, truss dianggap lebih efisien dan tahan lama.

 

Truss digunakan sebagai kerangka atap, kuda-kuda, dan bahkan sebagai rangka bangunan. Selain itu, truss berfungsi sebagai bagian dari pondasi, memperkuat tiang, dan juga sebagai kuda-kuda tambahan. Dengan ketebalan berkisar antara 0,75 hingga 1 mm, truss atau canal C memiliki kekuatan yang sangat tinggi.

 

Mengenal Truss Sebagai Konstruksi Bangunan Baja Ringan

truss baja ringan

Sumber: Google

 

Berasal dari Bahasa Perancis yakni “trousse”, penggunaan truss sebagai tulangan dan struktur konstruksi bangunan sebenarnya sudah mulai populer dilakukan sekitar tahun 1200 masehi. Kata “trousse” sendiri berarti kumpulan kejadian yang saling terjalin secara bersama-sama.

 

Dalam teknik sipil, truss atau rangka batang adalah struktur yang terdiri dari batang-batang terhubung membentuk sebuah kerangka, kemudian diberi beban pada sambungannya. Batang-batang ini disusun membentuk garis lurus atau pola segitiga untuk memperkuat struktur tersebut.

 

Prinsip dasar di balik penggunaan bentuk segitiga dalam truss bahwa segitiga adalah bentuk geometris yang stabil dan tidak mudah berubah bentuk ketika diberi beban. Hal ini membuatnya ideal untuk menahan gaya secara efisien.

 

Truss bentuk segitiga memberikan kontribusi dalam menahan gaya-gaya yang bekerja pada simpul. Ketika beban diterapkan pada struktur tersebut, gaya-gaya tersebut didistribusikan melalui batang-batang secara merata, sehingga mencegah perubahan bentuk yang signifikan pada struktur.

 

Selain itu, segitiga juga membantu menghindari terjadinya gerak translasi pada simpul-simpul, yang membuat simpul tetap stabil dalam posisinya dan tidak bergeser secara signifikan ketika diberi beban, sehingga menjaga integritas keseluruhan struktur.

 

Dengan demikian, menggunakan bentuk segitiga dalam truss memungkinkan untuk menciptakan sistem rangka struktur yang stabil dan kuat dengan cara yang sederhana dan efisien.

 

Baca juga: Mengenal Gaya Lintang Dalam Konstruksi Bangunan

 

 

Cara Mengaplikasikan Truss Baja Ringan

truss baja ringan

Sumber: Google

 

Untuk Anda yang penasaran bagaimana cara mengaplikasikan truss baja ringan, berikut BLKP rangkum caranya berdasarkan video dari Trabas Jaya:

 

Penentuan Desain Atap dan Struktur Kuda-kuda Baja Ringan

Tentukan desain atap dan struktur kuda-kuda baja ringan yang sesuai untuk menahan beban struktur bangunan. Umumnya desain dari suatu atap beserta kuda-kudanya yakni sebagai berikut:

 

Pemasangan Bracket L dan Dynabolt untuk Truss

Tempatkan truss pada dinding menggunakan bracket L di bagian pitching point kemudian baut menggunakan dynabolt.

 

Gunakan Benang Agar Rata

Gunakan benang untuk memastikan bahwa pemasangan bagian atas atap lurus dan sejajar.

 

Coak dan Gabung Bagian Atap

Coak truss baja ringan lalu sambungkan kerangka bagian atap baja ringan satu sisi dengan sisi lainnya.

 

Bautkan Truss dengan Roofing Screw

Bautkan 1 titik joint dengan roofing screw di 3 titik pada bracket L. Hal ini untuk memperkuat dan mengencangkan sambungan dari struktur baja ringan.

 

Tahap Finishing

tahap finishing

Sumber: Google

 

Setelah rangka baja ringan selesai dipasang, pasang GNET Reng dan GNET Aluminium foil, kemudian pasang genteng di atasnya.

 

Kelebihan Truss Baja Ringan

Truss baja ringan memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan populer dalam konstruksi bangunan:

 

Bobot Lebih Ringan

Truss baja ringan hadir dengan bobot yang lebih ringan secara keseluruhan, terutama untuk diaplikasikan terhadap rangka atap. Desain truss yang lebih ringan dari balok kayu tidak hanya mempermudah pengiriman, tetapi juga mempercepat proses pemasangan sehingga mengurangi waktu dan biaya.

 

Kekokohan dan Ketahanan

Salah satu keunggulan utama truss adalah kekuatannya yang mampu menahan beban, termasuk angin kencang dan hujan deras. Dengan kemampuan bentang yang unggul, truss sering menjadi pilihan utama untuk bangunan besar seperti gudang atau perkantoran. 

 

Selain itu, ketahanannya terhadap kondisi cuaca ekstrem membuatnya ideal untuk digunakan di daerah yang rentan terhadap cuaca buruk.

 

Efisiensi Waktu dan Biaya

Proses pemasangan truss baja ringan relatif lebih sederhana, cepat, menghemat waktu konstruksi, dan mengurangi biaya tenaga kerja. Dengan desain yang sudah terukur dan siap pakai, truss baja mempercepat proses pemasangan, mengurangi biaya tenaga kerja, dan meminimalkan kesalahan.

 

Proses Fabrikasi yang Terkendali

Proses fabrikasi truss dilakukan dengan ketat sesuai standar kualitas yang diakui secara internasional. Dari tahap pemotongan hingga pemasangan, semua langkah dipantau dan diawasi untuk memastikan kualitas yang konsisten dan kepatuhan terhadap standar yang ditetapkan.

 

Baca juga: Struktur Rangka Atap Baja Ringan Pada Bangunan dan Fungsinya

 

Kesimpulan 

Truss baja ringan memegang peran kunci dalam membangun struktur bangunan yang kokoh dan tahan lama. Tanpa kehadiran truss, rangka bangunan tidak akan memiliki kekuatan dan ketahanan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, penting untuk memilih truss baja ringan berkualitas tinggi dari manufaktur baja ringan terpercaya seperti BLKP.

 

BLKP menyediakan truss baja ringan yang memenuhi standar SNI 8399:2017, ISO 9001-2015, dan sertifikat RINA untuk menjamin keandalan dan kualitasnya. Dengan dukungan dari BLKP, Anda dapat memastikan bahwa kebutuhan baja ringan untuk proyek bangunan Anda akan terpenuhi dengan baik.

 

Butuh truss untuk kebutuhan konstruksi Anda? Hubungi Tim BLKP.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..